INI PESAN MENTERI LHK KEPADA CPNS KLHK

Samboja (28/02/2021)_“Pekerjaan di KLHK adalah pekerjaan yang berat dan menjadi tulang punggung negara. Selain itu melindungi segenap tumpah darah Indonesia dimana di dalamnya terdapat kawasan hutan seluas 120 juta hektar serta juga menjaga ketertiban dunia dengan mewujudkan tujuan negara Indonesia.” demikian disampaikan Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar. Siti Nurbaya menyampaikan hal tersebut kepada seluruh CPNS lingkup KLHK Formasi 2019 pada acara Pembekalan CPNS LHK yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal Kementerian KLHK secara daring pada Rabu, 27 Januari 2021.

Tidak ketinggalan, dua calon peneliti baru Balitek KSDA dari CPNS Formasi 2019 Lingkup KLHK, Samuel Fery P. dan Tri Rizkiana Yusnikusumah turut serta mengikuti acara tersebut dari Ruang Rapat Balitek KSDA. Keduanya didampingi oleh Plt. Kasubag Tata Usaha, Tresina dan staf Kepegawaian Balitek KSDA.

Dalam sambutannya, Siti Nurbaya memberikan motivasi kepada para CPNS dengan menceritakan secara singkat perjalanan hidupnya menjadi PNS pada tahun 1979 dengan gaji saat itu Rp 40.000,-. Meski demikian, Pemerintah Indonesia selalu melakukan perubahan dalam kesejahteraan yang terbaik bagi para PNS dengan adanya kenaikan gaji, beserta adanya tunjangan kinerja. “Saya percaya bahwa KLHK ini adalah pilihan, bukan tidak sengaja masuk ke KLHK, tapi karena ditunjuk dan dipilih,” kata Siti.

Menteri KLHK berpesan bahwa saat ini KLHK telah masuk dalam “Public Services” di tengah-tengah masyarakat, sehingga kita harus mendukung pelayanan pemerintah dan tidak melakukan unsur-unsur yang merusak kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Siti juga menegaskan bahwa tidak ada urusan pribadi di kantor yang dapat mengganggu pelayanan. Selain itu sebagai PNS kita harus objektif, terbuka, memiliki integritas dan akuntabilitas.

“Dalam pemerintahan ada rantai komando dan juga Merit System untuk meniliai kinerja PNS dari prestasi. Dalam berprestasi, PNS harus merencakan dengan baik dan matang dalam kenaikan jabatan, dengan menjaga prinsip integritas, tidak menyimpang dan tetap memegang ideologi Pancasila, menaati UUD 1945 dan Pemerintahan yang sah. PNS KLHK jangan pernah melakukan hal-hal negatif yang merusak pemerintah karena akan selalu diaudit dan dicek oleh Biro Kepegawaian. PNS harus menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia serta keberagaman yang ada di Indonesia tanpa melihat SARA,” kata Siti.

Lebih jauh Menteri LHK berpesan kepada seluruh CPNS KLHK yang baru untuk berhati-hati dan bijak dalam bermedia sosial. “Kita sebagai PNS saat bermedia sosial harus memberikan muatan-muatan hal positif dan hal “sejuk” yang membuat masyarakat tenang dan damai, jangan sampai melakukan hal sebaliknya. Di KLHK kita banyak belajar dari berbagai disiplin ilmu, tidak hanya berasal dari common science atau ilmu-ilmu logika saja untuk mewujudkan cita-cita lingkungan yang berkelanjutan dan rasa adil dalam bermasyarakat,” demikian pesan Menteri Siti Nurbaya.

Dengan adanya pembekalan ini diharapkan CPNS KLHK Formasi 2019 Balitek KSDA dapat memahami struktur organisasi serta tugas dan fungsi KLHK. Selain itu mereka sebagai tenaga muda, diharapkan dapat menjadi sumber kekuatan baru bagi kegiatan penelitian di Balitek KSDA. Selamat berkarya dan berinovasi!

Share Button