BANTU PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19, YJP MELAKUKAN BAKTI SOSIAL

Dalam rangka membantu pemerintah melakukan upaya pencegahan penyebaran COVID-19, Yayasan Jejak Pulang mitra kerja sama Balitek KSDA dan BKSDA Kaltim, melakukan kegiatan Bakti Sosial. Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Sungai Merdeka, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara pada hari Kamis (23/4/2020). Sebanyak 30 personil Yayasan Jejak Pulang dan Balitek KSDA ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian YJP (Yayasan Jejak Pulang) terhadap masyarakat sekitar dan mendukung program pemerintah dalam upaya pencegahan Covid-19 sesuai arahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui mitra kami, yaitu BKSDA Kalimantan Timur dan Balitek KSDA.” kata Hery Estaman, Ketua Yayasan Jejak Pulang di sela kegiatan Bakti Sosial.

Bentuk kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan antara lain penyemprotan disinfektan, pembagian masker gratis, serta pembagian pupuk kompos.  Penyemprotan disinfektan dilakukan terhadap rumah-rumah warga sekitar kantor Balitek KSDA di KM 38 dan KM 39 Samboja. Selain rumah warga, beberapa sarana ibadah dan fasilitas umum juga tak luput dari penyemprotan di antaranya Langgar Nur Hidayah, Gereja Toraja Samboja, Gereja Pantekosta Samboja dan Pos Polisi Lalu Lintas di Simpang KM 38.

Dalam kegiatan ini juga dibagikan masker kepada warga sekitar dan pengendara motor yang melintas di Jalan Soekarno Hatta. Dengan pembagian ini, diharapkan timbul kesadaran warga untuk mengenakan masker ketika beraktifitas di luar rumah guna meminimalisir penyebaran virus corona ini. Sebagaimana diketahui, Samboja merupakan perlintasan antara Kota Balikpapan dan Kota Samarinda yang saat ini telah berstatus zona merah.

Selain itu YJP juga menyerahkan bantuan pupuk kompos sebanyak 16 karung kepada beberapa petani yang ada  di sekitar kawasan Sekolah Hutan Orangutan Research Center. Kompos tersebut merupakan hasil pengolahan sisa pakan dan sisa kegiatan sekolah orangutan.

Share Button