Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam (HIMPA) Politeknik Balikpapan Belajar Identifikasi Tumbuhan di Herbarium Wanariset

Balitek KSDA (Samboja, 30/05/2019)_11 orang mahasiswa dari Divisi Alam Rimba Unit Kegiatan Mahasiswa HIMPA Poltekba belajar membuat herbarium dan melakukan identifikasi tumbuhan yang ada di Hutan Kampus Poltekba. Dalam kegiatan ini mahasiswa belajar bersama dengan tim Herbarium Wanariset yaitu Dwi Wahyu Mentari, Yusub Wibisono, Iman Suharja dan Bina Swasta Sitepu (24 Mei 2019).

Pada kegiatan ini mahasiswa membawa empat spesimen tumbuhan yang kemudian diidentifikasi bersama-sama. Berdasarkan identifikasi, keempat spesimen tersebut adalah Leuconotis eugeniifolius A.DC, Pternandra rostrata (Cogn.) M.P.Nayar, Polygala paniculata. dan Psychotria sp. Dua jenis tumbuhan memiliki potensi sebagai tumbuhan obat yaitu Pternandra rostrata dan Polygala paniculata yang secara tradisional telah dipergunakan oleh masyarakat. Dua jenis lainnya merupakan tumbuhan khas hutan sekunder yang menjadi tipe ekosistem hutan Kampus Poltekba.

Dalam kesempatan ini Bina Swasta Sitepu menganjurkan kepada mahasiswa HIMPA Poltekba untuk membuat koleksi herbarium dari seluruh jenis tumbuhan yang ada di sekitar Kampus Poltekba. “Proses pembuatan herbarium dapat dilakukan secara manual menggunakan teknik penjemuran di bawah sinar matahari atau oven dengan kompor gas”, terang Bina. Selain itu Herbarium Wanariset juga bisa memfasilitasi dalam proses pengeringan hingga mounting spesimen sebagai salah satu fungsi pelayanan kepada masyarakat.

Dalam kunjungan ini mahasiswa disambut oleh Kepala Seksi Data Informasi dan Sarana Penelitian, Taufiqurrohman, S.Hut, MPA. “Kami senang melihat semangat dan antusiasme adik-adik yang jauh-jauh datang dari Balikpapan untuk belajar membuat herbarium di Balitek KSDA,” kata Taufiq di sela-sela kegiatan.

Semoga semangat konservasi ini semakin bersemi di benak generasi penerus bangsa Indonesia!!

Share Button