Mengakhiri PKL di Balitek KSDA, Mahasiswa Fahutan Unmul Melakukan Presentasi Kegiatan

Balitek KSDA (Samboja, 13/5/2019)_Lima orang mahasiswa PKL Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman (Fahutan Unmul) melaksanakan presentasi kegiatan PKL di Ruang Rapat Kelti Balitek KSDA pada Kamis, 9 Mei 2019. Presentasi ini merupakan kegiatan penutup dari serangkaian kegiatan PKL yang telah dijalani selama dua bulan, terhitung dari 11 Maret s.d 10 Mei 2019. Tujuan dilaksanakannya presentasi ini ialah sebagai bentuk pelaporan pelaksanaan kegiatan PKL secara lisan, serta menilai sejauh mana pemahaman mahasiswa PKL terhadap materi yang telah diperoleh selama di Balitek KSDA.

Pada kesempatan tersebut, para mahasiswa secara bergantian menyampaikan sembilan materi PKL yang telah dilaksanakan mulai dari proses kegiatan, waktu pelaksanaan, hasil kegiatan serta pembahasan. Kesembilan materi tersebut antara lain: pembuatan spesimen herbarium, pengukuran riap tanaman konservasi eksitu ulin, pengenalan Orangutan Research Center, pengamatan satwa liar owa kelawat, persemaian, penelitian budidaya tumbuhan berkhasiat obat, penelitian lahan pasca tambang batubara, pengamatan fenologi, dan pengolahan limbah rumah tangga.

Dosen pembimbing PKL, Kiswanto, Ph.D yang berkesempatan hadir mewakili pihak Fahutan Unmul menyampaikan apresiasi terhadap materi kegiatan PKL dari BaLitek KSDA.

“Penyampaian materi dari kawan-kawan mahasiswa tadi di luar dugaan saya, karena ternyata di sini (Balitek KSDA-red) mereka mendapatkan materi yang sangat beragam langsung dari para peneliti dan teknisi. Mereka terlibat langsung, dan yang penting mereka juga bisa belajar tentang berbagai metode penelitian.”

Kiswanto juga menyampaikan apresiasi dan harapan ke depan untuk terus melanjutkan kerjasama kegiatan PKL dengan Balitek KSDA. “Fahutan sebagai lembaga akademik sangat perlu mitra untuk meningkatkan kualitas pendidikannya, salah satunya Balitek KSDA. Mewakili Dekan Fahutan Unmul, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kesediaan Balitek KSDA menerima mahasiswa kami. Ke depan kami akan mengirimkan kembali mahasiswa untuk PKL di sini.”

Kepala Balitek KSDA, Dr. Ishak Yassir juga menyambut baik apa yang disampaikan oleh Kiswanto. “Kami selalu terbuka dan berkomitmen untuk mendukung kegiatan kemahasiswaan baik untuk kegiatan praktik lapangan maupun penelitian. Sudah menjadi tugas dan fungsi Balitek KSDA selain untuk melaksanakan tugas pokoknya melakukan kegiatan penelitian dibidang konservasi sumber daya alam, juga menyiapkan tempat untuk kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi generasi muda baik dibidang penelitian maupun konservasi sumber daya alam.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dengan audiens di antaranya para peneliti, teknisi, serta staf Balitek KSDA. Para peserta yang hadir memberikan pertanyaan, saran serta masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan laporan kegiatan PKL.

Acara presentasi diakhiri dengan pemutaran video Balitek KSDA karya mahasiswa PKL serta sesi foto bersama di halaman kantor.

Share Button