150 Mahasiswa Kehutanan se-Indonesia Praktik Lapangan di KHDTK Samboja

Balitek KSDA (6/05/2019)_Sebanyak 153 mahasiswa kehutanan dari kurang lebih 40 Universitas se-Indonesia yang tergabung dalam Sylva Indonesia melakukan praktik lapangan selama dua hari di KHDTK Samboja pada Minggu-Senin, 28-29 April 2019. Kegiatan praktik lapangan ini merupakan bagian dari rangkaian acara kegiatan Pelatihan Mahasiswa Kehutanan Indonesia (PMKI) tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Sylva Indonesia Pengurus Cabang Universitas Mulawarman.

Kegiatan praktik lapangan ini disambut oleh Kepala Balitek KSDA, Dr. Ishak Yassir, Kepala BKSDA Kalimantan Timur Ir Sunandar Trigunajasa, perwakilan Muspika Kecamatan Samboja, serta para mitra kerja sama Balitek KSDA.

Kepala Balitek KSDA dalam kata sambutannya selain mengucapkan selamat datang bagi para peserta PMKI 2019 di KHDTK Samboja, juga menyampaikan bahwa salah satu motto Balitek KSDA adalah mengundang dan mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama generasi muda untuk menjadi agen konservasi di Indonesia. Oleh karena itu, Balitek KSDA dengan senang hati menerima dan mendukung terlaksananya kegiatan PMKI 2019 di KHDTK Samboja.

Sementara itu, Kepala BKSDA Kalimantan Timur berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk belajar dengan sungguh-sungguh serta menambah pengalaman dalam bidang kehutanan sebagai bekal di masa mendatang. “Kalian adalah generasi muda penerus estafet pembangunan kehutanan Indonesia. Kami yakin beberapa di antara kalian akan menjadi pemimpin pembangunan kehutanan di masa yang akan datang”, kata Sunandar.

Kegiatan praktik di KHDTK Samboja dimulai dengan materi Teknik Identifikasi dan Pembuatan Spesimen Tumbuhan dari tim Herbarium Wanariset Samboja. Materi selanjutnya adalah Konservasi dan Rehabilitasi Orangutan yang dilakukan oleh tim Jejak Pulang. Dalam kesempatan ini juga dijelaskan berbagai kegiatan Orangutan Research Center (ORC) di bawah payung kerjasama tiga pihak yaitu BKSDA Kalimantan Timur, Balitek KSDA dan Yayasan Jejak Pulang. Selain itu, peserta PMKI berkesempatan mendapatkan materi Tree Climbing dari trainer Tree Monkey Project, USA, James Reed dan Jim Cairnes. Reforma Agraria (TORA) yang dipandu oleh tim dari BPKH Wilayah IV Samarinda menjadi penutup materi pelatihan ini.

Pada malam harinya, para mahasiswa diajak untuk praktik Identifikasi Herpetofauna bersama tim peneliti Balitek KSDA. Seluruh peserta diajak untuk melakukan eksplorasi berbagai jenis satwa reptil maupun amphibi yang dijumpai di area tegakan benih kapur dan meranti km 7 KHDTK Samboja.

Kegiatan pada minggu malam diakhiri dengan acara api unggun serta pentas seni. Sembilan forum regional (Foreg) Sylva Indonesia yang hadir berkesempatan untuk menampilkan aksinya pada momen ini. Berbagai sajian seni mulai dari musik, tarian, pembacaan puisi, serta stand up comedy menambah kemeriahan dan keakraban para peserta.

Di hari kedua, seluruh peserta PMKI 2019 melakukan field trip ke Bukit Bengkirai yang merupakan salah satu icon wisata alam berbasis kehutanan di Samboja. Pengelolaan Jasa lingkungan Bukit bengkirai di bawah PT Inhutani I.

link video: https://www.youtube.com/watch?v=XRJPa8JV_8g


Share Button