Camat Samboja Barat Bersama Tim Multimedia Lakukan Peliputan Potensi Wisata di Herbarium Wanariset dan KHDTK Samboja

Burhanuddin, Camat Samboja Barat bersama tim multimedia yang sedang menyusun profil potensi wisata di Kecamatan Samboja Barat melakukan peliputan di Herbarium Wanariset dan KHDTK Samboja (19/4/2024).

Burhanuddin menyampaikan tujuan pendokumentasian potensi wisata kecamatan Samboja Barat. “Herbarium Wanariset dan juga KHDTK Samboja berada di wilayah kecamatan Samboja Barat dan memiliki beragam potensi wisata didalamnya. Justru dua keunggulan potensi wisata disini adalah wisata ilmiah. Wisata yang diharapkan dapat menjadi wahana edukasi bagiĀ  pelajar, mahasiswa dan masyarakat luas,” jelas Burhanuddin.

Selanjutnya tim melakukan kegiatan pengambilan video di Herbarium Wanariset setelah sebelumnya berkunjung ke Air Terjun Katak di KHDTK Samboja.

“Herbarium Wanariset merupakan museum yang menyimpan koleksi berbagai jenis spesimen tumbuhan dari berbagai wilayah di Indonesia,” terang Zainal Arifin yang menjadi narasumber peliputan.

“Spesimen spesimen di Herbarium Wanariset saat ini berjumlah 21.933 nomor spesimen dari 227 famili, 1.147 marga dan 4.045 spesies,” kata Arifin.

Saat ini Herbarium Wanariset juga telah melakukan transformasi e-Herbarium dengan mendokumentasikan spesimen fisik menjadi spesimen digital dan juga inovasi QR Code agar jangkauan pemanfaatannya bisa lebih luas melalui https://herbariumwanariset.bsilhk.menlhk.go.id/.

Kegiatan peliputan dilakukan dengan mengambil dokumentasi berbagai jenis spesimen tumbuhan, xylarium, proses pembuatan spesimen, dan berbagai ilustrasi botani yang ada di Herbarium Wanariset.

Share Button