Kerja Bakti Bersama Dalam Rangka Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2024

Untuk memeriahkan hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2024, BPSILHK Samboja bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) BPSILHK Samboja gandeng Bank Sampah Induk Kota Hijau Balikpapan selenggarakan Kerja Bakti Bersih Sampah di Wanariset Dipterocarpa Samboja (19/02/2024).

Kegiatan kerja bakti dimulai dari depan pintu  masuk Trek Wanariset Dipterocarpa Samboja s.d. pintu keluar trek tersebut di Jalan Samboja-Sepaku dilanjutkan dengan tracking dan pembinaan oleh Kepala BPSILHK Samboja, Ketua DWP BPSILHK Samboja dan Ketua Bank Sampah Induk Kota Hijau Balikpapan.

Kepala BPSILHK Samboja, Ishak Yassir menyampaikan pesan dalam sambutannya. “Terima kasih kepada DWP BPSILHK Samboja yang telah menginisiasi dan bekerja sama dengan Bank Sampah Induk Kota Hijau Balikpapan dalam pembangunan Bank Sampah Wana Asri yang dikelola DWP BPSILHK Samboja”, kata Ishak. Ishak berharap Bank Sampah yang telah kita bangun bersama dapat terus berkembang dan dapat menjadi contoh dan diduplikasi oleh masyarakat sekitar kantor.

Selanjutnya Ishak mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Forest Ranger Yayasan Jejak Pulang yang telah membantu mengamankan lokasi selama kegiatan berlangsung.

Dalam waktu dekat akan dibuka trek baru, dan ibu DWP dapat beraktivitas di trek baru yang saat ini sedang dalam pembenahan. “Harapan kita hutan KHDTK Samboja yang masih alami ini dapat mendukung pengembangan smart forestry untuk wahana edukasi, penelitian dan pengembangan jasa lingkungan”, jelas Ishak.

“Kegiatan bersih sampah yang diadakan ini dapat kita laksanakan di lain kesempatan dan juga lokasi yang berbeda. Peran serta DWP BPSILHK Samboja hendaknya terus ditingkatkan dalam mendukung pengelolaan sampah yang lebih baik di lingkungan sekitar”, kata Indria, Ketua DWP BPSILHK Samboja.

Abdul Rahman, Ketua Bank Sampah Induk Kota Hijau Balikpapan mengajak kita semua untuk tetap menjaga kebersihan di sekitar hutan KHDTK Samboja. “Jika lokasi ini dibuka untuk destinasi ekowisata, diharapkan pengelolaan sampah juga perlu diperhatikan agar hutan di KHDTK Samboja tetap terjaga kelestariannya”, kata Abdul.

“Selamat Hari Peduli Sampah Nasional”

Atasi Sampah Plastik Dengan Cara produktif

21 Februari 2024

Share Button