INVENTARISASI FLORA DI AREAL KERJA TABANG PROJECT KERJASAMA DENGAN PT BARA TABANG

Tim BPSILHK Samboja melaksanakan kegiatan inventarisasi flora di areal kerja Tabang project, PT Bayan Resource pada tanggal 1 s.d. 10 Februari 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran keanekaragaman jenis serta potensi flora di areal Sungai Mejuk. Areal sekitar Sungai Mejuk ke depan direncanakan akan menjadi area pengembangan fasilitas pendukung operasional produksi batubara di wilayah ini.

Pada kegiatan ini dilakukan inventarisasi tumbuhan dengan metode sampling menggunakan jalur berpetak pada areal hutan di Sungai Mejuk serta pencatatan cepat di sepanjang jalan poros rencana pengembangan infrastruktur. Sebanyak 32 petak pengamatan berukuran 20 x 50 meter berhasil dibangun di 4 jalur transek yang diletakkan secara acak di lokasi pengamatan.

Tim BPSILHK bersama tim Environmental PT Bara Tabang berhasil mencatat 196 jenis tumbuhan dari tingkat herba, liana, semak, hingga pohon besar. Secara umum, kawasan hutan didominasi oleh jenis-jenis Mahang (Macaranga spp.) yang menunjukkan kawasan ini merupakan kawasan hutan sekunder walaupun masih dapat dijumpaiĀ  beberapa jenis puncak sepertiĀ  Bangkirai (Shorea laevis Ridl.), Ulin (Eusideroxylon zwageri Teijsm. & Binn.), Kapur (Dryobalanops oblongifolia Dyer), Arau (Magnolia tsiampaca (Miq) Dandy, dan Keruing (Dipterocarpus borneensis Slooten).

Wahyudin, Kepala teknik tambang PT Bara Tabang mengapresiasi kegiatan ini dan berharap pada kegiatan selanjutnya dapat dilakukan pengamatan di beberapa areal hutan yang masih belum tercakup pada kegiatan kali ini. “Kegiatan pengembangan infrastruktur ini diharapkan dapat selaras dengan alam dan tegakan pohon hutan yang masih ada sehingga dapat diminimalisir kerusakan hutan sebagaimana arahan dari manajemen pusat PT Bayan Resource” ujarnya.

Data dari hasil kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi salah satu acuan dalam kegiatan pembukaan lahan dan pembangunan infrastruktur pendukung kegiatan di Tabang Project agar selaras dengan alam dan ramah lingkungan.

Share Button