Mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman Praktik Kerja Lapangan di BPSILHK Samboja

Alfi Rahman, Anisa Lele, dan Rina Pangesti, mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPSILHK) Samboja pada 15 September 2023 s.d. 17 November 2023.

Kegiatan PKL yang dilaksanakan terkait KHDTK Samboja, Herbarium Wanariset, persemaian dan pengendalian dampak lingkungan.

Kegiatan terkait KHDTK Samboja diantaranya survei wisata ilmiah KHDTK Samboja, survei Willingness to Pay wisata alam KHDTK Samboja, survei wisata alam KHDTK Samboja, survei wisata alam di Samboja dan Healing Forest. Dalam kegiatan ini mahasiswa didampingi oleh Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) BPSILHK Samboja, PEH BPSILHK Manado, PEH BPSILHK Manokwari dan PEH BPSILHK Solo yang sedang mengumpulkan data terkait Prinas di KHDTK Samboja.

Kegiatan praktik selanjutnya terkait Herbarium Wanariset dengan pembimbing Zainal Arifin, Mira Kumala Ningsih, Dwi Wahyu Mentari dan Iman Suharja. Kegiatan praktik mulai dari eksplorasi spesimen herbarium, pengawetan, pengeringan, mounting, pemeliharaan dan digitalisasi spesimen.

Untuk kegiatan persemaian dilakukan praktik pengambilan tanaman etnobotani, penyiapan media tanam, penananam tanaman etnobotani, penyiraman dan pemasangan sungkup. Dalam kegiatan ini mahasiswa dibimbing oleh Yustinus Iriyanto.

Kegiatan Praktik pengendalian dampak lingkungan dilakukan dengan melakukan kegiatan pemilahan sampah dan penimbangan sampah di Bank Sampah Wana Asri yang dikelola DWP BPSILHK Samboja.

Semoga ilmu yang didapatkan selama PKL di BPSILHK Samboja bermanfaat untuk kedepannya dan pengalaman yang didapatkan bermanfaat dan menjadi bekal hidup untuk langkah selanjutnya.

Share Button