MAHASISWA MAGANG PRODI FARMASI UNIVERSITAS MULIA EKPLORASI DAN BELAJAR MEMBUAT SPESIMEN HERBARIUM

Empat mahasiswa magang dari Fakultas Farmasi Universitas Mulia, David Dwi Nugroho, A. Nurul Fitriandini Ekaputri, Ramadhani, Fenina Anak Aru, Ratna Arif, dan Siti Tasyakuriah praktik ekplorasi dan membuat spesimen herbarium di Herbarium Wanariset (4/9/2023).

Kegiatan diawali dengan eksplorasi spesimen khususnya tumbuhan berkhasiat obat di Samboja. Spesimen yang dikoleksi yaitu Archidendron clyperia, Mallotus paniculatus, Dillenia suffruticosa, Glochidion sericeum, dan Alpinia galanga. Selain itu juga dikoleksi simplisia kulit dan daun Archidendron clyperia.

Zainal Arifin, pengenal jenis Herbarium Wanariset yang mendampingi mahasiswa magang mengingatkan pentingnya pencatatan karakteristik setiap tumbuhan yang dikoleksi. “Kita harus mencatat karakter tubuhan, sebaran, habitat, ekologi, lokasi, ketinggian tempat, titik koordinat dan karakteristik yang akan hilang ketika dilakukan pengeringan maupun pemrosesan lainnya”, kata Arifin.

Sedangkan Yusub Wibisono menjelaskan spesimen tumbuhan fertile yang harus dikoleksi. “Spesimen tumbuhan yang kita koleksi merupakan spesimen fertile atau memiliki organ daun, bunga dan atau buah”, kata Yusub.

Setelah dikoleksi, spesimen tumbuhan kemudian dibawa ke Herbarium Wanariset untuk dilakukan proses penyortiran dan pengeringan. Mahasiswa magang mendapatkan pengarahan secara detail dari pengelola Herbarium Wanariset, Iman Suharja.

Untuk diketahui, Herbarium Wanariset sampai dengan Juni 2023 telah menyimpan 21.943  spesimen dari 227 famili, 1.147 genus dan 4.046 spesies. Mari kita lestarikan kekayaan flora Indonesia.

——

Herbarium Wanariset

Flora of Kalimantan

#herbariumwanariset

#bpsilhksamboja

#bsilhk

#klhk

Share Button