HERBARIUM WANARISET TERIMA KUNJUNGAN TIM GABUNGAN DALAM RANGKA PENYIAPAN PUSAT PLASMA NUTFAH NUSANTARA

Herbarium Wanariset yang dikelola BPSILHK Samboja menerima kunjungan Tukirin Partomihardjo (Forum Pohon Langka Indonesia (FPLI), Bambang Purwantara (Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, Institut Pertanian Bogor (IPB), Siti Nurisjah, Mohammad Agil (Center for Transdisciplinary and Sustainability Sciences (CTSS) Institut Pertanian Bogor (IPB)), Vera D. Damayanti (Dep. Arsitektur Lanskap – IPB), Moh. Haryono, Ratih Listyo Rini (Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati Spesies dan Genetik (KKHSG) Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE)),  dan Bambang Heri Trimasito (SKW III BKSDA Kaltim) pada Selasa (9/05/2023).

Dalam rangkaian kunjungan Penyiapan Pusat Plasma Nutfah Nusantara – Ibu Kota Nusantara (IKN), Tukirin mengapresiasi keberadaan Herbarium Wanariset dalam kunjungannya ke Herbarium Wanariset. “Pengelolaan Herbarium yang bagus ini perlu dipertahankan dan dibarengi dengan peningkatan penelitian agar sarana herbarium ini lebih bermakna,” terang Tukirin.

Bambang Purwanto juga menyampaikan beberapa pesan untuk Herbarium Wanariset. “Herbarium Wanariset sebagai kolektor herbarium Kalimantan, perlu terus dipertahankan dan dikuatkan dalam rangka peningkatan peran di IKN,” kata Bambang.

Taufiqurrohman, Kepala Seksi  Pengujian dan Verifikasi Penilaian Kesesuaian BPSILHK Samboja menyampaikan informasi terkini terkait data koleksi yang ada di Herbarium Wanariset serta pengembangan pemanfaatan spesimen herbarium dengan transformasi menjadi spesimen digital dan inovasi QR Code. “Koleksi spesimen di Herbarium Wanariset saat ini berjumlah 21.933 nomor spesimen dari 227 famili, 1.147 marga dan 4.045 spesies. Kami akan terus melakukan transformasi ke spesimen digital dari seluruh koleksi yang ada,” terang Taufik.

Dengan transformasi e-Herbarium ini diharapkan pengguna dapat memperoleh informasi yang lebih banyak terkait ekologi, manfaat dan status konservasi saat pengguna ingin memanfaatkan data spesimen di Herbarium Wanariset secara online melalui https://herbarium-wanariset.bsilhk.menlhk.go.id/.

#bpsilhksamboja

#bsilhk

#klhk

#herbariumwanariset

Share Button