KUNJUNGAN STAF KEDUTAAN BESAR AMERIKA SERIKAT JAKARTA

Pada hari Rabu (01/03/2023), BPSILHK Samboja menerima kunjungan Staf dari Kedutaan Besar Amerika Serikat Jakarta yaitu Nicholas Austin, Regional Liaison Officer (RLO), Lester Asamoah, Economic Officer dan James Ward. Kunjungan tim Kedutaan Besar Amerika tersebut merupakan bagian dari rangkaian Kunjungan Kerja Perorangan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, G. Budisatrio Djiwandono ke Kalimantan Timur.

Tim Kedubes AS diterima secara langsung oleh Kepala Balai, Ishak Yassir beserta para pegawai di ruang rapat BPSILHK Samboja. Setelah memperkenalkan profil BPSILHK Samboja, Kepala Balai mengajak para tamu melihat langsung koleksi xylarium dan spesimen flora Kalimantan di Herbarium Wanariset.

Pada kesempatan itu, juga dijelaskan bagaimana pengelolaan herbarium, proses pembuatan spesimen, pengolahan database, hingga transformasi digital ke herbarium-wanariset.bsilhk.menlhk.go.id dan ONE CODE WAN DATA. Kabalai juga menyampaikan tantangan dan kendala dalam pengelolaan herbarium serta upaya-upaya yang telah dilakukan oleh BPSILHK Samboja untuk mengatasinya.

Kunjungan selanjutnya adalah ke Wanariset Dipterocarpa Samboja yang berada di KHDTK Hutan Penelitian Samboja. Rombongan diajak menyusuri Trek Wartono Kadri berdiskusi tentang berbagai jenis tumbuhan hutan tropis di Kalimantan. Kepada para tamu disampaikan bahwa Wanariset Dipterocarpa Samboja adalah salah satu contoh hutan hujan tropis dataran rendah asli Kalimantan yang masih terjaga dengan lokasi cukup strategis. Hutan ini ke depan akan menjadi bagian dari 75% kawasan tutupan hijau wilayah Ibu Kota Nusantara.

Selepas dari Samboja, rombongan Kedubes AS dijadwalkan akan bergeser ke Samarinda untuk melakukan kunjungan ke Universitas Mulawarman. Sehari sebelumnya, mereka telah meninjau lokasi titik nol IKN serta mengunjungi Mangrove Center di Kariangau Balikpapan.

#herbariumwanariset

#wanarisetdipterocarpasamboja

#bpsilhksamboja

#bsilhk

#klhk

Share Button