BPSILHK SAMBOJA HADIRI KONSOLIDASI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DAN LAPORAN BMN TAHUN 2022 LINGKUP BSILHK

Taufiqurrohman, Plt. Kasubbag Tata Usaha BPSILHK Samboja, Yanti Lumbangaol, Bendahara BPSILHK Samboja, dan Muhammad Andy Yusuf, Pengelola Barang Milik Negara (BMN) menghadiri Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan dan Laporan BMN Tahun 2022 Lingkup Badan Sandardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BSILHK) di Jakarta pada 8 s.d. 9 Februari 2023.

Kegiatan ini dibuka oleh Kabag Keuangan Kepegawaian Organisasi dan Tatalaksana, Maya Ambinani, dan mendapat pengarahan Sekretaris BSILHK, Nur Sumedi. Kegiatan ini dihadiri pejabat Kebag Umum Lingkup Balai Besar, Kasubbag Tata Usaha Lingkup Balai, Operator GL Pelaporan, dan Operator Aser seluruh UPT BSILHK.

Agenda pertemuan ini adalah:

  1. Arahan pengelolaan BMN (Biro Umum)
  2. Pengelolaan keuangan (Biro Keuangan)
  3. Pemaparan materi terkait laporan keuangan dan BMN (KPPN Bogor)
  4. Penelaahan akun dan jurnal pada aplikasi SAKTI dan MONSAKTI
  5. Penelaahan laporan keuangan dan laporan BMN tingkat Eselon I
  6. Penyusunan LK (Calk dan CRBMN) tingkat satker
  7. Pembuatan berita acara hasil konsolidasi tingkat satker
  8. Analisis laporan keuangan.

#bpsilhksamboja

#bsilhk

#klhk

Share Button

ENGLISH CONVERSATION CONTEST, FUN GAMES SPELLING AND QUIZ SD/MI KECAMATAN SAMBOJA

Dalam rangka mendorong kemampuan bahasa Inggris generasi muda untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), BPSILHK Samboja, Taman Baca Sylva, UPT Layanan Kependidikan Kecamatan Samboja, Kelurahan Sungai Merdeka, Yayasan Jejak Pulang, Taman Baca Sylva, Mahasiswa KKN Fakultas Farmasi Kelompok II Sungai Merdeka, dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) BPSILHK Samboja menyelenggarakan lomba bertajuk “ English Conversation Contest: Holiday, Fun Games Spelling, and Quiz for SD/MI Kecamatan Samboja” di Aula BPSILHK Samboja pada Sabtu (29/01/2023).

“Lomba ini merupakan wadah untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi anak-anak di Kecamatan Samboja.  Selain itu lomba ini diadakan untuk memperluas dan meningkatkan minat pelajar sekolah dasar dalam mempelajari bahasa Inggris,” kata Mira Kumala Ningsih selaku Ketua Panitia Lomba dari Taman Baca Sylva.

Lomba dibagi dalam tiga kategori yaitu English Conversation Contest, Fun Games Spelling Contest, dan English Quiz Contest. Lomba ini dikuti oleh 64 peserta dari SD/MI Kecamatan Samboja yaitu SDN 004, SDN 011, SDN 012, SDN 017, SDN 022, SDN 026, SDN 027, SDN 032, SDN 034, SDN 035, SDN 037, SDIT Al Fatih, SD Al-Hayat Samboja, MI Al Ishlah Samboja, dan MI Muhammadiyah Samboja.

Dalam sambutannya, Burhanuddin, Camat Samboja menyampaikan apresiasinya dalam pelaksanaan lomba ini dan berharap dapat dijadikan motivasi para siswa serta tenaga pendidik di lingkup Kecamatan Samboja agar semangat belajar mengajar bahasa Inggris.

Senada dengan itu, Agus Santosa, Lurah Sungai Merdeka, juga mengingatkan persiapan daerah Samboja, khususnya kelurahan Sungai Merdeka, menghadapi pembangunan IKN di Kalimantan Timur. “Sungai Merdeka ini daerah pengembangan IKN dan segera dibangun setelah pembangunan KIPP. Akan banyak orang datang ke IKN, dan anak-anak jangan kalah bersaing dalam kemampuan dan keterampilan termasuk berbahasa asing,” ujar Agus Santosa, Lurah Sungai Merdeka.

Signe Preuschoft, Pembina dari Yayasan Jejak Pulang, mengapresiasi perlombaan ini dan berpendapat kegiatan ini dapat mengembangkan potensi anak-anak sebagai harta karun  di masa depan. Menurut Signe, belajar bahasa sangat penting karena bahasa merupakan jembatan untuk berkomunikasi antar perorangan, melekatkan hubungan dengan orang lain, dan mempermudah kita mempelajari kebudayaan yang berbeda. “Maka rajinlah belajar bahasa (Inggris) agar terbuka banyak kesempatan bagi kalian. Saya harap kalian berani untuk menunjukkan kemampuan berbahasa (Inggris), jangan ragu-ragu dan malu-malu. Say what you mean and mean what you say,” kata Signe Preuschoft memberi semangat kepada para peserta.

“Kemampuan berbahasa asing adalah hal yang penting sebagai bekal adik-adik mempersiapkan diri menghadapi masa depan. Belajar bahasa juga berarti juga belajar budaya,” sambut Taufiqurrohman, Kepala Seksi Pengujian dan Verifikasi Penilaian Kesesuaian BPSILHK Samboja.

Perlombaan dimulai pada pukul 7.30 WITA dan berakhir pada 13.00 WITA yang ditandai dengan pengumuman pemenang lomba dan pembagian sertifikat kepada seluruh peserta.

Kategori Juara English Conversation Contest:

Juara I Hagia Sofia Adeeva dan Ahmad Abdurrohman (MI Muhammadiyah Samboja),

Juara II Almira Nur Zahra dan Khusnul Fatimah Azzahra (SDN 035 Samboja),

Juara III Keshia Emallya Setiawan dan Muhammad Sucipto (SDN 011 Samboja).

Kategori Fun Games Spelling Contest:

Juara I Muhammad Raihan Al Madani (SDN 026 Samboja),

Juara II Muhammad Fariz Hasbiyah (SDN 012 Samboja),

Juara III Syafira (SDN 035 Samboja),

Juara Harapan (SDN 011 Samboja).

Kategori English Quiz Contest:

Juara I Nur Kaemitha Aprilianti (SDN 027 Samboja),

Juara II Deandra Novena Andreana Nogo (SDN 026 Samboja),

Juara III Nur Aisyah Indira Azzukhruf Saputro (SDN 027 Samboja).

Kegiatan ini didukung oleh IKA SKMA 21, Forum Pemuda 38 Samboja Bersatu, PT. CPJF Farm Samboja, dan Bapak Armain. Kegiatan ini dihadiri oleh Pembina Yayasan Jejak Pulang, Camat Samboja, Lurah Sungai Merdeka, Ibu Farida (Anggota Dewan mewakili Wakil Bupati Kukar), Wakil Kapolsek Samboja dan Guru SD/MI di kecamatan Samboja.

Share Button