SISWA SISWI TK AR-RASYID WISATA ILMIAH DI HERBARIUM WANARISET DAN LABORATORIUM BPSILHK SAMBOJA

Siswa-Siswi TK Ar-Rasyid, Sungai Merdeka Samboja  melakukan kegiatan Wisata Ilmiah di Herbarium Wanariset dan Laboratorium BPSILHK Samboja (6/1/2023). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi TK Arrasyid, dan Guru Pendamping.

Kegiatan diawali dengan pengenalan Herbarium yang disampaikan oleh Mira Kumala Ningsih. Siswa-siswi dikenalkan tentang sejarah, fungsi, koleksi spesimen tumbuhan, kegiatan pengelolaan (ekplorasi, penanganan sepesimen dan penyimpanan herbarium), www.herbarium-wanariset.bsilhk.menlhk.go.id dan One Code WAN Data. Siswa-siswi diajak melihat koleksi spesimen tumbuhan basah maupun kering yang tersimpan di Herbarium Wanariset.

Kegiatan berikutnya adalah pengenalan Laboratorium BPSILHK Samboja yang disampaikan oleh Septina Asih Widuri dan Noorcahyati. Di laboratorium, siswa-siswi diajak mengenal struktur tumbuhan beserta fungsinya. Selanjutnya siswa-siswi diajak melihat struktur batang tumbuhan Muntingia calabura L. atau sering disebut Kersen, Seri, Ceri, Talok atau Kerukup Siam dengan menggunakan mikroskop. Terlihat siswa-siswi sangat antusias melihat struktur batang tumbuhan tersebut menggunakan mikroskop.

Menutup kegiatan kali ini adalah nonton bareng video edukasi tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Semakin dini individu dibiasakan untuk menghargai lingkungan maka semakin dini pula kesadaran individu untuk menjaga keseimbangan lingkungan.

#bpsilhksamboja

#bsilhk

#klhk

Share Button