PENYAMBUTAN MAHASISWA PKL FMIPA UNMUL DI BALITEK KSDA

Balitek KSDA kembali menerima mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) dari Unversitas Mulawarman (UNMUL) Samarinda. Kali ini lima orang mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas MIPA akan melaksanakan PKL mulai 18 Oktober sampai dengan 26 November 2021. Kedatangan kelima orang mahasiswa disambut dan diterima oleh Kepala Balitek KSDA beserta jajarannya di Ruang Rapat Balitek KSDA pada Senin, 18 Oktober 2021.

Dalam sambutan dan arahannya, Kepala Balitek KSDA, Dr. Ishak Yassir menyampaikan beberapa pesan kepada para mahasiswa. Ishak menyampaikan bahwa selama PKL, para mahasiswa berada juga di bawah tanggung jawab Kepala Balitek KSDA. Untuk itu, beliau berpesan agar selama melaksanakan kegiatan PKL di Balitek KSDA, para mahasiswa selalu menjaga kesehatan dan keselamatan, mengikuti seluruh kegiatan PKL penuh dengan kesungguhan, disiplin, dan bertanggungjawab.

“Selama kalian melaksanakan PKL di sini (Balitek KSDA), tidak hanya bidang pekerjaan saja yang perlu kalian pelajari, tapi juga nilai-nilai positif dan budaya kerja. Selalu laksanakan tugas yang ada dengan baik, bersungguh-sungguh, disiplin, dan patuh pada ketentuan yang berlaku di Balai,” pesan Ishak kepada para mahasiswa.

Ishak juga memberikan arahan kepada staf Balitek KSDA yang hadir untuk memberikan pelayanan dan bimbingan yang baik kepada seluruh mahasiswa. “Kita harus selalu memberikan pelayanan yang baik kepada siapa pun yang datang ke kantor ini, tidak terkecuali para mahasiswa PKL ini,” tegas Ishak.

Pada kesempatan tersebut, para mahasiswa diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri serta menyampaikan paparan rencana kegiatan PKL masing-masing. Ada dua tema yang menjadi rencana target PKL para mahasiswa, yaitu kegiatan pengamatan satwa dan pengelolaan herbarium. Kegiatan pengamatan satwa akan difokuskan pada pengamatan perilaku monyet ekor panjang, pengamatan persebaran monyet ekor panjang, serta penghitungan populasi beruk di KHDTK Samboja. Sedangkan kegiatan pembuatan herbarium akan difokuskan pada pengamatan tumbuhan monokotil dan dikotil serta pengelolaan Herbarium Wanariset.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab antara para mahasiswa dan peneliti dan staf Balitek KSDA. Beberapa masukan dan saran untuk perbaikan pelaksanaan PKL muncul pada sesi diskusi ini, salah satunya saran dari Dr. Tri Atmoko, peneliti satwa Balitek KSDA. Ia menyampaikan agar output kegiatan PKL para mahasiswa dapat menghasilkan berupa tulisan popular semi ilmiah.

“Untuk tingkatan PKL mahasiswa S1, sebaiknya para mahasiswa dapat mencapai output berupa naskah majalah Swara Samboja dari hasil kegiatan di Balitek KSDA. Nanti para mahasiswa bisa dipandu oleh para peneliti sesuai dengan bidangnya,” kata Tri.

Kasi DISP, Taufiqurrohman menekankan perlunya para mahasiswa untuk mempunyai rencana kegiatan mandiri yang dapat dipadukan dengan kegiatan balai. Para mahasiswa diminta untuk dapat berpartisipasi aktif serta mempunyai inisiatif untuk mengisi jadwal selama kegiatan PKL di Balitek KSDA.

“Setelah rapat ini, para mahasiswa akan dibantu oleh mentor PKL menyusun jadwal kegiatan harian sampai dengan masa berakhirnya PKL. Harapannya waktu PKL yang singkat ini dapat dimanfaatkan secara efektif untuk mendulang pengalaman dari Balai. Jadwal tersebut juga menjadi acuan baik bagi peserta PKL maupun pemandu PKL dari Balitek KSDA,” kata Taufiq.

Setelah diskusi rapat selesai, para mahasiswa dibantu oleh mentor menyusun jadwal kegiatan PKL secara detail. Para mahasiswa juga akan memperbaiki proposal kegiatan PKL yang disinkronkan dengan kegiatan Balitek KSDA, salah satunya adalah kegiatan penelitian Prioritas Nasional (PRINAS) dengan tema Aplikasi Riset Teknologi Herbal Hutan di KHDTK Samboja.

Share Button