BALITEK KSDA-DLH BALIKPAPAN BAHAS RENCANA PERLUASAN LINGKUP KERJA SAMA

“Kami ingin merealisasikan integrasi data dan informasi spesimen koleksi Herbarium Wanariset dengan tumbuhan koleksi di Kebun Raya Balikpapan menggunakan QR Code”, demikian disampaikan Ishak Yassir, Kepala Balitek KSDA ketika menerima kunjungan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan, Drs. H. Suryanto, MM. Agenda Kunjungan orang nomer satu DLH Kota Balikpapan ini untuk membahas rencana perpanjangan kerja sama antara Balitek KSDA dengan DLH Kota Balikpapan pada hari Jumat, 17 Juli 2020.

Menurut Ishak, ada keterkaitan yang sangat erat antara Herbarium Wanariset yang dikelola Balitek KSDA dengan Kebun Raya Balikpapan yang dikelola DLH Kota Balikpapan. Herbarium Wanariset mempunyai koleksi spesimen tumbuhan, beserta data dan informasi yang lengkap terutama jenis tumbuhan yang berasal dari Kalimantan. Sementara Kebun Raya Balikpapan juga mempunyai keunggulan berupa koleksi hidup jenis-jenis tumbuhan Kalimantan. Oleh karenanya, Balitek KSDA ingin agar ruang lingkup kerja sama lebih diperluas, antara lain tentang pemanfaatan data dan informasi yang dihasilkan para pihak.

“Sinergi antara Balitek KSDA dan Kebun Raya Balikpapan akan menjadi keuntungan dan saling menguatkan kedua belah pihak”, ujar Ishak. Selain itu, menurut Ishak kedekatan lokasi antara Balitek KSDA dan Kebun Raya Balikpapan menjadi nilai positif yang harus diambil dimanfaatkan oleh kedua pihak.

Kepala DLH Balikpapan merespon positif apa yang disampaikan dan ditawarkan Kepala Balitek KSDA. “Perpanjangan kerja sama perlu segera dilakukan dengan memperluas cakupan materi kerja sama, diantaranya untuk meningkatkan diseminasi hasil kerja sama, transfer ilmu pembibitan serta pengelolaan publikasi dan diseminasi,”  kata Suryanto.

Suryanto juga menyampaikan apresiasi atas dukungan ilmiah Balitek KSDA dalam penyusunan draft Peraturan Wali Kota Balikpapan tentang Penebangan Pohon di Kota Balikpapan. Lebih jauh, Suryanto berharap keterlibatan Balitek KSDA dalam pengembangan hutan-hutan kota yang ada di Balikpapan dapat dilakukan lebih aktif. Sebagai contoh, pemasangan One Code WAN Data di taman-taman kota, serta pengembangan hutan kota sebagai wisata ilmiah bagi lansia.

Selain membahas rencana perpanjangan kerja sama, DLH Kota Balikpapan juga membawa 20 orang tenaga pengelola Kebun Raya Balikpapan untuk untuk belajar tentang pembibitan tanaman dan teknik pembuatan herbarium. Pada kesempatan itu juga, Balitek KSDA memberikan bibit yang akan menambah koleksi di Kebun Raya Balikpapan. Bibit-bibit tersebut antara lain 30 batang Shorea laevis dan 20 batang Shorea seminis asal KHDTK Hutan Penelitian Samboja, 15 batang Agathis borneensis asal kawasan PT ITCI, serta 10 batang Calophyllum inophyllum.

Share Button