Buku “Mengenal Hutan Lembonah dan Lingkungan Sekitarnya”

Balitek KSDA dan PT Borneo Surya Mining Jaya (PT BSMJ) yang berada di Kutai Barat, Kalimantan Timur bekerja sama dalam menerbitkan buku modul pendidikan lingkungan berjudul “Mengenal Hutan Lembonah dan Lingkungan Sekitarnya”.  Buku dengan 124 hlm ini ditulis oleh peneliti Balitek KSDA Ardiyanto Wahyu Nugroho, Ulfah Karmila Sari, Tri Sayektiningsih, dan Mukhlisi. Modul ini merupakan hasil dari implementasi kerja sama dalam mengidentifikasi potensi flora dan fauna yang terdapat di Hutan Lembonah, serta budaya masyarakat di sekitarnya.

Modul pendidikan lingkungan dibuat untuk membantu siswa dalam memahami peran Hutan Lembonah bagi lingkungan sekitar.  Para siswa akan diberikan penjelasan dan pemahaman bahwa menjaga hutan sangat penting agar lingkungan tetap lestari. Diharapkan dengan modul ini para siswa akan memahami manfaat Hutan Lembonah untuk keseimbangan ekosistem alam serta pengelolaan lingkungan secara bijaksana dan lestari.

PT BSMJ memiliki komitmen yang kuat untuk melaksanakan pengelolaan perkebunan kelapa sawit secara lestari dan berkelanjutan. Saat ini terdapat sebanyak 10 areal HCVF di areal perkebunan PT BSMJ dengan luas total + 722 ha. Areal yang terluas adalah Hutan Lembonah, yaitu seluas 340 ha dengan kondisi hutan yang kompak. Lokasinya berada tepat di tengah perkebunan kelapa sawit PT BSMJ, membuat keberadaannya penting secara ekologis.

Hutan Lembonah dinilai masih memiliki keanekaragaman jenis flora dan fauna yang cukup beragam. Selain itu, kehidupan masyarakat Dayak Benuaq yang ada di sekitarnya juga merupakan kekayaan budaya yang wajib untuk dilestarikan.

Keberadaan Hutan Lembonah sangat baik untuk membantu siswa sekolah dalam pendidikan lingkungan. Hal ini karena tempat tersebut dapat digunakan sebagai tempat praktik maupun tempat untuk memberikan gambaran atau ilustrasi langsung kepada para siswa akan pentingnya hutan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Link download di sini

Share Button