Balitek KSDA Latih Siswa SMA Menggunakan GPS Berbasis Android

Balitek KSDA (10/01/2020)_ Sebagai salah satu wujud pelayanan kepada masyarakat dan sebagai upaya berbagi pengetahuan (sharing knowledge), Balitek KSDA melakukan kegiatan pengenalan dan pelatihan GPS Sederhana berbasis Android kepada siswa siswi SMA Al-Hayat Samboja. Pelatihan ini adalah lanjutan dari Pelatihan Penggunaan Kompas untuk Pemetaan Sederhana yang pernah dilaksanakan sebelumnya di sekolah yang sama.

Tim pemateri dari Balitek KSDA antara lain dua orang peneliti, Ulfah Karmila Sari, S.Hut. dan Teguh Muslim, S.Hut.,M.Hut., serta seorang teknisi, Teguh. Adapun peserta pelatihan kali ini sebanyak 35 orang siswa/i kelas X-XI SMA Al Hayat yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka.

Ulfah menjelaskan kepada para siswa, “Penggunaan Android atau smartphone sudah seharusnya dimanfaatkan untuk pendidikan juga, bukan hanya sekedar untuk berkomunikasi. Apalagi saat ini hampir semua orang mempunyai smartphone yang dibekali dengan teknologi canggih.”

“Semakin majunya teknologi smartphone tersebut juga mendukung berbagai jenis aplikasi GPS untuk pemetaan yang mudah diakses dan diperoleh oleh pengguna, seperti aplikasi Avenza Maps. Fitur-fitur dalam aplikasi tersebut memudahkan siswa untuk belajar dan mengenal bagaimana cara bernavigasi,” lanjut Ulfah.

Teguh menjelaskan lebih lanjut, “Setiap aplikasi ataupun alat navigasi seperti GPS pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Untuk pelatihan ini, penggunaan Avenza Maps itu sendiri hanya dapat membantu siswa belajar tentang pemetaan sederhana, menandai objek, menghitung jarak datar dan membuat track/jalur dalam suatu wilayah.”

“Pelatihan yang kami lakukan ini sebagai pengenalan. Para siswa diharapkan dapat terus aktif belajar menggali fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi Avenza maps secara mandiri,” pesan Ulfah di akhir pelatihan.

Share Button