Menambah Koleksi, Herbarium Wanariset Melakukan Eksplorasi Tumbuhan di PT ITCIKU

Balitek KSDA (Samboja, 20 November 2019). Untuk mengumpulkan data flora Kalimantan serta menambah jumlah koleksi spesimen, tim Herbarium Wanariset Balitek KSDA kembali melakukan kegiatan eksplorasi ke lapangan. Kali ini, lokasi tujuan eksplorasi adalah area kerja PT International Timber Corporation Indonesia Kartika Utama (PT ITCIKU) di Kabupaten Penajam Paser Utara. Kegiatan dilaksanakan selama 8 hari (5 s.d. 13 November 2019).

Sebelum melakukan kegiatan eksplorasi, tim melakukan briefing dengan Manajemen PT ITCIKU, Subrata  (Manager Human Resource & General Affairs), Erika (Assisten Manager Ekowisata), Sikhun dan Rina (staff ekowisata) di Ruang Rapat Rimba Room PT ITCIKU. Pada kesempatan ini, Kepala Seksi Data Informasi dan Sarana Penelitian Balitek KSDA, Taufiqurrohman menyampaikan perkenalan tim eksplorasi Herbarium Wanariset dan rencana pelaksanaan kegiatan eksplorasi di lapangan.

“Tim yang akan ke lapangan sebanyak delapan orang terdiri dari satu orang peneliti, enam orang teknisi serta satu orang staf pengelola sarana penelitian. Tim terbagi menjadi dua yaitu ke arah daratan di area kerja PT ITCIKU dan ke arah Teluk Balikpapan”, demikian disampaikan Taufiq kepada manajemen PT ITCIKU. Kedelapan anggota tim eksplorasi herbarium antara lain Bina Swasta Sitepu (peneliti sekaligus ketua tim), Zainal Arifin, Priyono, Yusub Wibisono, Mira Kumala Ningsih, Iman Suharja, Dwi Wahyu Mentari, dan Nanda Farhazakia.

Tak lupa, Taufiq juga menyampaikan permohonan izin pelaksanaan kegiatan eksplorasi serta permohonan dukungan bagi tim selama melakukan kegiatan eksplorasi di lapangan. “Kami juga memohon support dan bantuan dari PT ITCIKU untuk menunjang pelaksanaan kegiatan eksplorasi di lapangan”, imbuhnya.

PT ITCIKU melalui Manager HR&GA, Subrata menyambut positif rencana pelaksanaan kegiatan tersebut dan siap memberikan dukungan. “ Kami siap membantu kegiatan teman-teman dari Balitek KSDA selama di sini. Kami telah menyiapkan asrama, transportasi serta personil yang akan mendampingi di lapangan”, kata Subrata.

“Ke depan, ITCIKU juga berharap dapat dibantu oleh Balitek KSDA untuk melakukan identifikasi jenis-jenis tumbuhan yang ada di hutan kami terkait kegiatan IHMB (Inventarisasi Hutan Menyeluruh Berkala)”, imbuh Subrata.

Hal ini disambut dengan terbuka oleh Taufiq “Kami siap membantu untuk identifikasi jenis tumbuhan bagi siapapun, apalagi untuk PT ITCIKU yang telah terjalin hubungan kerja yang erat dengan Balitek KSDA”.

Share Button