UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-91

Balitek KSDA (28 Oktober 2019)_Balitek KSDA melaksanakan upacara peringatan hari Sumpah Pemuda di halaman kantor Balitek KSDA pada  Senin (28/10/2019) pukul 08.00 WITA. Upacara dipimpin oleh pembina upacara Taufiqurrohman, S.Hut, MPA, Kepala Seksi Data, Informasi dan Sarana Penelitian.

Tema peringatan Sumpah Pemuda Tahun 2019 adalah “Bersatu Kita Maju”. Maksud tema ini adalah dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa dan juga menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

Dalam pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia disampaikan bahwa tema ini sesungguhnya diperuntukkan bagi seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama, dan interaksi mereka di sosial media berjalan real time 24 jam.

Disinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang positif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukkan dunia dan kedepannya diharapkan muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia.

Upacara ini diikuti oleh Pejabat Struktural, pegawai Balitek KSDA, Jejak Pulang dan Environmental Leadership and Training Initiative (ELTI). Sedangkan petugas yang ikut ambil bagian adalah Burhanuddin, Yustinus Iriyanto, Mukhaidil, Rachmawan Achmadi, dan Rusman.

Di akhir naskah pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI disampaikan ajakan  “Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia”.***

Share Button