Alih Teknologi “Pelatihan Identifikasi dan Pengenalan Jenis Tumbuhan” Bagi Pegawai Kebun Raya Balikpapan oleh Tim Herbarium Wanariset

Balitek KSDA (Samboja, 30 Oktober 2019)_Dalam rangka peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pegawai, UPTD Kebun Raya Balikpapan (KRB) mengadakan Pelatihan Identifikasi dan Pengenalan Jenis Tumbuhan di Ruang Teater KRB dengan mengundang Tim Herbarium Wanariset Balitek KSDA pada Senin (7/10/2019). Empat orang Teknisi Herbarium Wanariset yang menjadi narasumber pelatihan ini antara lain Zainal Arifin, Yusub Wibisono, Mira Kumala Ningsih dan Nanda Farhazakia.

Kepala UPTD KRB Arrizal Rahman dalam sambutannya menyatakan “Kami sangat senang dengan kehadiran Tim Herbarium Wanariset yang bersedia menjadi pembimbing dalam pelatihan ini. Kami sangat berharap dengan kegiatan ini, staf KRB dapat meningkatkan kemampuan dalam mengidentifikasi tumbuhan”. Ke depan, KRB juga berencana untuk mulai membangun herbarium karena herbarium sangat penting untuk identifikasi tumbuhan. “Keahlian dalam pembuatan spesimen herbarium perlu kami tingkatkan sehingga kelak kami menjadi lebih mahir”, imbuhnya.

Adapun materi yang disampaikan Tim Herbariumyaitu: Pengenalan Herbarium; Fungsi Herbarium; Pembuatan Herbarium (Eksplorasi, Pengambilan Sampel, Pengambilan Data Lapangan); dan Pengelolaan Herbarium (Monitoring, Identifikasi, Diseminasi, Pengelolaan Data, Pemeliharaan Koleksi).

“Pengambilan spesimen dari masing-masing tumbuhan memiliki teknik yang berbeda, mengingat bagian-bagian penting untuk identifikasi setiap tumbuhan juga berbeda. Misalnya pengambilan koleksi rotan, terna, epifit dll”, jelas Zainal Arifin dalam paparannya.

“Selain itu untuk memperdalam pengenalan jenis tumbuhan, kita harus meningkatkan jam terbang di lapangan dengan sering melakukan identifikasi dan pengenalan karakter-karakter khas dari setiap jenis tumbuhan”, imbuh Arifin.

“Saya mengharapkan agar teman-teman di sini dapat mengaplikasikan ilmu yg telah kami sampaikan melalui kegiatan ini. Semoga Kebun Raya Balikpapan ke depannya dapat lebih maju lagi. Jika terdapat kendala kedepannya, kami siap untuk membantu. Karena belajar tentang tumbuh-tumbuhan tidak mungkin dengan waktu yg sesingkat ini. Cuma 1 hari. Biasanya pelatihan minimal dua minggu bahkan sampai berbulan bulan”, kata Mira Kumala Ningsih salah satu Tim Herbarium yang juga ikut menjadi pemateri.

Setelah ishoma, 30 peserta yang terdiri dari staf, sub koordinator dan kordinator semua bidang di KRB diajak untuk praktik melakukan pengambilan sampel herbarium, pembuatan spesimen dan juga evaluasi kegiatan di lapangan.

Sebagai informasi, sebelumnya Tim Herbarium juga membantu melakukan kegiatan identifikasi tanaman koleksi di KRB sebanyak 223 jenis yang telah dilaksanakan bulan April yang lalu. Kebun Raya Balikpapan merupakan tempat konservasi tumbuhan tropis Kalimantan, dimana pengkayaan jenis tanaman koleksi menjadi tujuan utama untuk keberlanjutan pengembangannya. Saat ini koleksi spesimen yang ditanam di KRB berjumlah lebih kurang 2.849***

Share Button