Eksplor Hutan Tropis, Peserta International Summer School 2019 UNMUL Kunjungi Balitek KSDA

Balitek KSDA (Samboja, 06/08/2019)_Sebanyak 60 orang peserta dan panitia International Summer School Program 2019 Universitas Mulawarman (UNMUL) mengunjungi Balitek KSDA pada Kamis (25/07/2019). Peserta kegiatan ini berasal dari berbagai negara, antara lain Indonesia, Malaysia, Thailand dan Pakistan dengan latar belakang bidang studi beragam.

Dengan mengusung tema “The Heart of Borneo: Exploring Tropical Rain Forest and Its Local Wisdom” para peserta ISS Program diajak berkeliling melihat koleksi tumbuhan berkhasiat obat di KHDTK Samboja. Pemandu lapangan yang juga peneliti tumbuhan obat Balitek KSDA, Noorcahyati, S.Hut., M.Si. menyampaikan penjelasan kegiatan penelitian tumbuhan berkhasiat obat di Kalimantan, hingga upaya konservasi yang dilakukan Balitek KSDA.

“Kami mendokumentasikan kearifan lokal terkait penggunaan tumbuhan berkhasiat obat oleh masyarakat di Kalimantan agar informasi penting tersebut tidak hilang,” ungkap Noorcahyati kepada para peserta.

Noorcahyati juga menjelaskan mengenai 55 jenis tumbuhan berkhasiat obat yang ada serta upaya konservasi yang sedang dilakukan oleh Balitek KSDA. “Upaya konservasi juga terus kami lakukan agar bukan hanya pengetahuan mengenai tumbuhan obat yang terselamatkan, namun juga tumbuhan yang berkhasiat tidak mengalami kepunahan di alam karena over eksploitasi. Sebagai contoh, kami telah membangun plot pasak bumi dan akar kuning di lokasi ini,” kata Noorcahyati.

Setelah mengunjungi plot tumbuhan berkhasiat obat di Trek Tri Joko Mulyono, peserta mendapatkan materi kuliah umum “Tropical Rainforest Conservation” di Aula Balitek KSDA. Pada sesi ini, peneliti Ardiyanto Wahyu Nugroho, S.Hut., ME menjelaskan kegiatan-kegiatan penelitian dan pengembangan yang telah dan sedang dilakukan oleh Balitek KSDA.

“Kami terlibat dalam penguatan upaya konservasi satwa-satwa yang dilindungi di Kalimantan dari aspek kegiatan penelitian, seperti penelitian terkait habitat, populasi dan ekowisata bekantan, penelitian habitat badak sumatera di Kalimantan, serta penelitian koridor dan sanctuary orangutan”, kata Ardiyanto menjelaskan.

Pada akhir kunjungan para peserta diperkenalkan dengan Herbarium Wanariset Balitek KSDA Samboja. Para peserta tampak antusias melihat dan mendengarkan pemaparan tentang koleksi spesimen, proses pembuatan dan manfaatnya yang disampaikan oleh teknisi Herbarium, Nanda Farha Zakia dan Dwi Wahyu Mentari.

International Summer School Program 2019 merupakan salah satu upaya UPT Layanan Internasional UNMUL untuk menjadikan kampus terbesar di Kaltim tersebut bertaraf internasional. Kegiatan ini dilaksanakan dari 22 s.d 26 Juli 2019 dengan serangkaian kegiatan berupa penyampaian materi kelas, serta kegiatan kunjungan di berbagai lokasi menarik di seputar Kota Samarinda, seperti Sungai Mahakam, Balitek KSDA, Kawasan Wisata Alam Bukit Bengkirai, BOSF dan Ekowisata Bekantan Sungai Hitam.

Share Button