Bahas Rencana Kunjungan International Summer School 2019, UNMUL Koordinasi ke Balitek KSDA

Balitek KSDA (Samboja, 20/07/2019)_ Balitek KSDA kembali dipercaya menjadi salah satu lokasi belajar dan kunjungan kegiatan berlevel internasional. Pada Kamis, 18 Juli 2019 dua orang staf pengajar Universitas Mulawarman (UNMUL) datang ke Balitek KSDA Samboja melakukan koordinasi pelaksanaan kegiatan International Summer School Program 2019.

“Kami ke Balitek KSDA ini dalam rangka koordinasi persiapan pelaksanaan kegiatan Internasional Summer School 2019 pekan depan, yang salah satu agendanya adalah kunjungan lapangan dan public lecture di Balitek KSDA.” demikian yang disampaikan Sulistyo Prabowo, Ph.D selaku ketua panitia penyelenggara mengawali pertemuan.

Keduanya diterima oleh Kasubbag Tata Usaha, Kasi Data Informasi dan Sarana Penelitian (DISP), Ketua Kelti, pengelola Herbarium dan pengelola KHDTK di Ruang Rapat Balitek KSDA. Balitek KSDA menyambut baik dan berkomitmen untuk mendukung acara ini.

“Kami selalu terbuka untuk melayani kunjungan maupun kerja sama dari para pihak, terlebih lagi dengan UNMUL yang merupakan salah satu universitas terbesar dan terdekat dengan kami. Harapannya dengan bersinergi dan sering bekerjasama seperti ini kita dapat saling menguatkan satu sama lain.” demikian disampaikan Kasi DISP, Taufiqurrohman, S.Hut., MPA menanggapi maksud kunjungan UNMUL.

 “Adapun tema kegiatan ini ialah “The Heart of Borneo: Exploring Tropical Rain Forest and Its Local Wisdom”. Tema ini diangkat karena selaras dengan core UNMUL sebagai pusat unggulan di bidang studi tropis.” kata Prabowo menjelaskan tema kegiatan ini.

Peserta International Summer School 2019 ditargetkan sejumlah 30 orang mahasiswa baik dari dalam dan luar negeri. Selama di Balitek KSDA, selain akan mendapatkan materi public lecture “Tropical Rainforest Conservation” dari tim peneliti, para peserta juga akan diajak untuk mengunjungi Herbarium Wanariset dan Trek Tumbuhan Berkhasiat Obat Tri Joko Mulyono di KHDTK Samboja pada Kamis, 25 Juli 2019.

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah strategis yang diambil oleh UPT Layanan Internasional UNMUL untuk mewujudkan UNMUL sebagai kampus berskala internasional.

“Salah satu prasyarat untuk menuju universitas berkelas internasional ini yaitu kampus harus bisa mengundang mahasiswa asing untuk berkuliah di sini. Sebaliknya juga dosen kami harus mengajar di universitas luar negeri. Kegiatan International Summer School 2019 ini merupakan salah satu langkah yang kami tempuh untuk menuju ke sana.” kata wakil ketua panitia, Dr. Rahmat Gunawan menyampaikan latar belakang kegiatan ini.

Selain membahas teknis kunjungan di Balitek KSDA, hal lain yang dibahas pertemuan kali ini yaitu lokasi-lokasi kunjungan lain yang berada di seputar kantor Balitek KSDA seperti Kawasan Wisata Alam Bukit Bengkirai, Borneo Orangutan Survival, serta ekowisata Bekantan Sungai Hitam. (TR)

Share Button