Diskusi Evaluasi Kegiatan Lapangan Antara Balitek KSDA dan PT Pertamina Hulu Mahakam

Balitek KSDA (Samboja, 28/06/2019)_Balitek KSDA dan PT Pertamina Hulu Mahakam melakukan diskusi untuk mengevaluasi kegiatan lapangan yang telah dilaksanakan. Diskusi antara kedua belah pihak dihadiri oleh kepala Balitek KSDA, Ketua Kelompok Peneliti, Peneliti dan tim survei lapangan serta Kepala Departemen Lingkungan PT Pertamina Hulu Mahakam,  Erwin Santosa beserta staf di ruang rapat Balitek KSDA (18/06/2019).

Dalam diskusi ini, Kepala Balitek KSDA menyampaikan progres survei lapangan secara umum kegiatan yang telah dilaksanakan di bulan April 2019 lalu, beberapa kendala yang dihadapi dan rencana kegiatan ke depan agar sesuai dengan tata waktu yang telah ditetapkan. “Saya berharap hasil kegiatan yang telah dilakukan oleh tim botani, drone, dokumentasi dan sosial segera dapat diolah datanya untuk disampaikan laporannya sesuai jadwal”, kata Ishak.

“Laporan sementara untuk kegitan survei botani yang telah dilaksanakan di site Senipah maupun SPU telah disampaikan dan saat ini tim botani sedang melakukan pengolahan data yang telah didapatkan”, kata Burhanuddin Adman selaku ketua tim botani.

Selanjutnya Frans Paginta yang mewakili tim drone dan dokumentasi menyampaikan “Tim drone akan melakukan tambahan penerbangan drone untuk melengkapi kekurangan foto udara di bagian ujung kawasan kehati (keanekaragaman hayati). Hal ini perlu dilakukan karena saat pengambilan kemarin terdapat permasalahan cuaca, sehingga setelah diolah masih terdapat kekurangan. Kami perlu tambahan waktu sekitar tiga hari”.

Untuk tim sosial, masih akan dilakukan penelitian di site SPU, namun akan dipertimbangkan penelitian sosial ini akan dilakukan dengan wawancara langsung atau melalui email. Hal ini mengingat pegawai di setiap site memiliki ritme kerja yang sangat padat sehingga sulit untuk dilakukan secara langsung. Selain itu pemukiman masyarakat di sekitar site SPU letaknya sangat jauh dengan site sehingga kemungkinan besar tidak akan dilakukan survei.

Share Button