Diskusi Evaluasi Kegiatan Lapangan Antara Balitek KSDA dan PT Pertamina Hulu Mahakam

Balitek KSDA (Samboja, 28/06/2019)_Balitek KSDA dan PT Pertamina Hulu Mahakam melakukan diskusi untuk mengevaluasi kegiatan lapangan yang telah dilaksanakan. Diskusi antara kedua belah pihak dihadiri oleh kepala Balitek KSDA, Ketua Kelompok Peneliti, Peneliti dan tim survei lapangan serta Kepala Departemen Lingkungan PT Pertamina Hulu Mahakam,  Erwin Santosa beserta staf di ruang rapat Balitek KSDA (18/06/2019).

Dalam diskusi ini, Kepala Balitek KSDA menyampaikan progres survei lapangan secara umum kegiatan yang telah dilaksanakan di bulan April 2019 lalu, beberapa kendala yang dihadapi dan rencana kegiatan ke depan agar sesuai dengan tata waktu yang telah ditetapkan. “Saya berharap hasil kegiatan yang telah dilakukan oleh tim botani, drone, dokumentasi dan sosial segera dapat diolah datanya untuk disampaikan laporannya sesuai jadwal”, kata Ishak.

“Laporan sementara untuk kegitan survei botani yang telah dilaksanakan di site Senipah maupun SPU telah disampaikan dan saat ini tim botani sedang melakukan pengolahan data yang telah didapatkan”, kata Burhanuddin Adman selaku ketua tim botani.

Selanjutnya Frans Paginta yang mewakili tim drone dan dokumentasi menyampaikan “Tim drone akan melakukan tambahan penerbangan drone untuk melengkapi kekurangan foto udara di bagian ujung kawasan kehati (keanekaragaman hayati). Hal ini perlu dilakukan karena saat pengambilan kemarin terdapat permasalahan cuaca, sehingga setelah diolah masih terdapat kekurangan. Kami perlu tambahan waktu sekitar tiga hari”.

Untuk tim sosial, masih akan dilakukan penelitian di site SPU, namun akan dipertimbangkan penelitian sosial ini akan dilakukan dengan wawancara langsung atau melalui email. Hal ini mengingat pegawai di setiap site memiliki ritme kerja yang sangat padat sehingga sulit untuk dilakukan secara langsung. Selain itu pemukiman masyarakat di sekitar site SPU letaknya sangat jauh dengan site sehingga kemungkinan besar tidak akan dilakukan survei.

Share Button

Lakukan Penelitian Terkait Biomechanics Nepenthes, Ilmuwan Inggris Kunjungi Herbarium Wanariset

Balitek KSDA (Samboja, 21/06/2019)_ Herbarium Wanariset pada Selasa, 18 Juni 2019 mendapat tamu kunjungan Michal Golos, seorang mahasiswa doktoral dari School of Biological Sciences, University of Bristol, Inggris. Tujuan Golos datang ke Herbarium Wanariset ialah untuk melihat koleksi spesimen dari family nepenthes yang ada. Golos diterima oleh Kepala Seksi Data Informasi dan Sarana Penelitian Taufiqurrohman, S.Hut., MPA, serta didampingi oleh peneliti, teknisi dan pengelola Herbarium.

Taufiq menyambut baik kunjungan Golos. “Kami menyambut kunjungan Anda ke Balitek KSDA, khususnya Herbarium Wanariset. Hal itu menandakan bahwa keberadaan kami (Herbarium Wanariset) juga dirasakan manfaatnya bukan hanya bagi ilmuwan dalam negeri tetapi juga oleh ilmuwan dari mancanegara.” kata Taufiq.

Golos saat ini sedang melakukan penelitian biofisik kantung nepenthes terutama memahami cara kerjanya dalam memperangkap mangsanya (biomechanics). Golos terlihat sangat antusias melihat koleksi spesimen herbarium, terutama jenis nepenthes yang merupakan jenis yang ia tekuni dan pelajari. Selain melihat koleksi spesimen nepenthes yang ada, Golos juga membantu melakukan koreksi terhadap sekitar 10 nomor spesimen kantung semar yang belum teridentifikasi dengan lengkap.

Ketika ditanya tentang alasan ketertarikannya pada tumbuhan pemangsa serangga ini, Golos menjelaskan “Saya tertarik dengan nepenthes sejak saya masih anak-anak. Nepenthes menurut saya merupakan tumbuhan yang aneh dan unik, sehingga saya suka, dan terus mempelajarinya hingga saat ini.”

Golos juga menambahkan bahwa dia mempunyai koleksi hidup sekitar 90 jenis tumbuhan pemangsa serangga dari berbagai negara di rumahnya di London. Secara global, menurut Golos ada terdapat sekitar 160 jenis tumbuhan keluarga nepenthes. Dipantau dari laman facebooknya, Golos pernah melakukan beberapa kegiatan ekspedisi di berbagai negara untuk melihat berbagai jenis nepenthes maupun tumbuhan karnivora lainnya di habitat aslinya.

Share Button

Pererat Silaturahmi, Dharma Wanita Persatuan Balitek KSDA Menggelar Kegiatan Halalbihalal

Balitek KSDA (Samboja, 14/06/2019)_Dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar anggota keluarga besar Balitek KSDA dan masyarakat sekitar, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Balitek KSDA menggelar acara halalbihalal lingkup Keluarga Besar Balitek KSDA pada hari Jumat, 14 Juni 2019. Acara yang bertempat di Aula Balitek KSDA ini dimulai dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Rusman, siraman rohani oleh Bapak Haji Muzakkar, serta sambutan dari Ketua DWP BAlitek KSDA dan Kepala Balitek KSDA.

Dalam kata sambutannya, Ketua DWP Balitek KSDA Ibu Indria Yassir menyampaikan “Sebagai anggota DWP, kami (para anggota DWP) diharapkan dapat menjadi pribadi yang berkualitas sehingga mampu menjadi pendamping suami, ibu dari anak-anak kami yang sholeh yang dampaknya akan meningkatkan kinerja para suami kami sebagai abdi negara.”

Selain itu, Ibu Indria Yassir juga menyampaikan ajakan kepada para hadirin agar dapat melapangkan dada dan membuka hati dengan sabar untuk meminta maaf dan memberi maaf atas segala kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

Sedangkan Kepala Balitek KSDA, Dr. Ishak Yassir dalam kata sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada DWP Balitek KSDA. “Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kegiatan silaturahmi dalam rangka halalbihalal lingkup keluarga besar Balitek KSDA dapat dilaksanakan. Saya menyampaikan terima kasih kepada ibu-ibu Dharma Wanita Balitek KSDA atas inisiatif penyelenggaraan kegiatan silahturahmi ini. Saya juga mengapresiasi dukungan dari seluruh keluarga besar Balitek KSDA.”

Kepada para tokoh masyarakat dan tamu undangan Kepala Balai juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadirannya dan juga berpesan untuk terus berkoordinasi dan berkomunikasi serta bersinergi terutama di dalam menjaga keamanan dan ketertiban bersama.

Di akhir kata sambutannya, Kepala Balai atas nama Keluarga Besar Balitek KSDA menyampaikan permohonan maaf kepada para tokoh masyarakat, tamu undangan, dan mitra kerja jika selama bekerja sama dan berinteraksi ada kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja, dan berharap kepada Allah SWT tahun depan diberi umur panjang dan kesehatan sehingga dapat bertemu dan bersilaturahmi kembali.

Acara ditutup dengan halalbihalal, saling bersalaman dan bermaafan antar anggota keluarga besar Balitek KSDA serta para tamu. Selain keluarga besar Balitek KSDA, acara ini juga dihadiri oleh tokoh masyarakat sekitar Balitek KSDA, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur Ir. Sunandar Trigunajasa beserta staf, dan keluarga besar Yayasan Jejak Pulang.

Taqaballahu Minna Wa Minkum Minal Aidin wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Share Button

Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam (HIMPA) Politeknik Balikpapan Belajar Identifikasi Tumbuhan di Herbarium Wanariset

Balitek KSDA (Samboja, 30/05/2019)_11 orang mahasiswa dari Divisi Alam Rimba Unit Kegiatan Mahasiswa HIMPA Poltekba belajar membuat herbarium dan melakukan identifikasi tumbuhan yang ada di Hutan Kampus Poltekba. Dalam kegiatan ini mahasiswa belajar bersama dengan tim Herbarium Wanariset yaitu Dwi Wahyu Mentari, Yusub Wibisono, Iman Suharja dan Bina Swasta Sitepu (24 Mei 2019).

Pada kegiatan ini mahasiswa membawa empat spesimen tumbuhan yang kemudian diidentifikasi bersama-sama. Berdasarkan identifikasi, keempat spesimen tersebut adalah Leuconotis eugeniifolius A.DC, Pternandra rostrata (Cogn.) M.P.Nayar, Polygala paniculata. dan Psychotria sp. Dua jenis tumbuhan memiliki potensi sebagai tumbuhan obat yaitu Pternandra rostrata dan Polygala paniculata yang secara tradisional telah dipergunakan oleh masyarakat. Dua jenis lainnya merupakan tumbuhan khas hutan sekunder yang menjadi tipe ekosistem hutan Kampus Poltekba.

Dalam kesempatan ini Bina Swasta Sitepu menganjurkan kepada mahasiswa HIMPA Poltekba untuk membuat koleksi herbarium dari seluruh jenis tumbuhan yang ada di sekitar Kampus Poltekba. “Proses pembuatan herbarium dapat dilakukan secara manual menggunakan teknik penjemuran di bawah sinar matahari atau oven dengan kompor gas”, terang Bina. Selain itu Herbarium Wanariset juga bisa memfasilitasi dalam proses pengeringan hingga mounting spesimen sebagai salah satu fungsi pelayanan kepada masyarakat.

Dalam kunjungan ini mahasiswa disambut oleh Kepala Seksi Data Informasi dan Sarana Penelitian, Taufiqurrohman, S.Hut, MPA. “Kami senang melihat semangat dan antusiasme adik-adik yang jauh-jauh datang dari Balikpapan untuk belajar membuat herbarium di Balitek KSDA,” kata Taufiq di sela-sela kegiatan.

Semoga semangat konservasi ini semakin bersemi di benak generasi penerus bangsa Indonesia!!

Share Button

Balitek KSDA Menggelar Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila

Balitek KSDA (Samboja, 1/06/ 2019)_Balitek KSDA Samboja bersama Yayasan Jejak Pulang bertempat di halaman Balitek KSDA melaksanakan upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila. Di tengah guyuran hujan, upacara memperingati hari lahir Pancasila ini dilaksanakan dengan dipimpin oleh Pembina upacara, Kepala Balitek KSDA Dr. Ishak Yassir.

Tujuan peringatan hari lahir Pancasila ini mengajak anak bangsa untuk terus mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana para pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia.

Selain itu, tujuan peringatan hari lahir Pancasila ini juga untuk untuk mengajak anak bangsa untuk terus menerus secara konsisten merealisasikan dan mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara dan Ideologi negara serta pandangan hidup dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur.

Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara sudah terbukti bukan hanya sebagai penuntut keragaman dan identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika” saja, tetapi juga sebagai bintang penuntun untuk menggapai visi dan misi bangsa Indonesia dan sebagai sumber Inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita Indonesia. Kita Pancasila.

Share Button