Program Kerjasama Balitek KSDA dan Kebun Raya Balikpapan: Identifikasi jenis tanaman koleksi di Kebun Raya Balikpapan

Balitek KSDA (Balikpapan, 22/04/2019)_Dalam rangka aplikasi dan alih teknologi kepada UPTD Pengelolaan Kebun Raya Balikpapan, Tim Herbarium Wanariset Balitek KSDA melakukan kegiatan identifikasi tanaman koleksi sebanyak 223 jenis yang belum dapat terdeterminasi dengan tepat. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada 8-12 April 2019 di Kebun Raya Balikpapan.

Tim Herbarium Wanariset yaitu Priyono, Zainal Arifin, Bina Swasta Sitepu, Iman Suharja dan Mira Kumala Ningsih serta teknisi Kebun Raya Balikpapan bersama-sama melakukan identifikasi jenis pada pohon tanaman dan melakukan pelabelan sesuai hasil identifikasi. Dalam proses identifikasi tersebut, tim Herbarium Wanariset berbagi informasi teknik identifikasi dan pengenalan ciri-ciri khusus setiap tanaman yang diidentifikasi kepada teknisi Kebun Raya Balikpapan.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil rapat sebelumnya yang telah diadakan di Balitek KSDA (21/03/2019). Pada kesempatan tersebut, Kepala UPTD Pengelolaan Kebun Raya Balikpapan Arrizal Rahman selain bersilaturahim juga menyampaikan permohonan kepada tim Herbarium Wanariset untuk membantu mengidentifikasi semua jenis tanaman koleksi Kebun Raya Balikpapan yang belum memiliki nama jenis.

Kepala Balitek KSDA, Dr. Ishak Yassir menyambut baik kegiatan alih teknologi ini dan menyatakan bahwa “Sudah menjadi tugas kami sebagai lembaga penelitian dan pengembangan yang terdekat dengan Kebun Raya Balikpapan, untuk saling bersinergi dalam mendukung pengembangan Kebun Raya Balikpapan ke depannya.”

Sebagai informasi Kebun Raya Balikpapan merupakan tempat konservasi tumbuhan tropis Kalimantan, dimana pengkayaan jenis tanaman koleksi menjadi tujuan utama untuk keberlanjutan pengembangannya. Saat ini, koleksi spesimen yang telah ditanam di Kebun Raya Balikpapan berjumlah 2.849 spesimen dari berbagai lokasi di Kalimantan.

Selain identifikasi jenis, dilakukan juga pengambilan sampel spesimen herbarium dari individu tumbuhan yang memiliki organ bunga dan buah untuk menambah koleksi di Herbarium Wanariset.

Share Button