Kunjungan Pendidikan SDIT AL-AULIA 2 Balikpapan di Balitek KSDA

Siswa-siswi SDIT Al-Aulia 2 Balikpapan mengadakan kunjungan pendidikan di Balitek KSDA pada Sabtu (01/11). Kunjungan pendidikan ini diikuti oleh 143 peserta yang terdiri dari 135 siswa kelas IV dan 8 guru pendamping.

Kunjungan kali ini disambut hangat oleh kepala balai Ahmad Gadang Pamungkas, S.Hut, M.Si di halaman kantor Balitek KSDA. Dalam sambutannya Gadang mempersilahkan siswa-siswi SDIT Al-Aulia 2 untuk belajar tentang apa saja di Balitek KSDA. Mulai dari penelitian, Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Hutan Penelitian Samboja, Herbarium Wanariset, persemaian, dan penangkaran rusa.

Siswa-siswi SDIT Al-Aulia 2 pada rencana awal akan melakukan tracking di Rintis Wartono Kadri. Namun karena hujan pada pagi hari sebelum kegiatan sehingga kondisi tidak memungkinkan, maka kegiatan dialihkan dengan materi dan kunjungan persemaian, penangkaran rusa sambar dan herbarium wanariset yang letaknya di seputar kantor Balitek KSDA.

2Kegiatan pertama dilakukan dengan materi “Pengenalan Hutan” yang dipresentasikan oleh Tri Atmoko, S.Hut, M.Si. Dalam materi ini juga disampaikan tentang regenerasi hutan (siklus hara) dan siklus energi.

“Siapa yang tahu buah ulin?”, tanya Tri. “Saya tau pak. Kayunya warnanya hitam”, teriak salah siswa. Sembari mencoba mengenalkan ciri-ciri maupun manfaat kayu Ulin kepada siswa-siswi ini, Tri memperlihatkan sampel buah ulin yang memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Selain itu peserta diajak untuk mengenal sampel berbagai buah hutan antara lain buah keruing, meranti dan kapur yang dikoleksi Balitek KSDA.

Kegiatan diselingi dengan pembagian doorprize bertemakan konservasi berupa T-shirt, buku agenda, pin dan gantungan kunci.

Selanjutnya peserta diajak untuk berkunjung ke persemaian yang dikelola dibawah KHDTK Hutan Penelitian Samboja. Peserta diajak untuk mengenal jenis-jenis tumbuhan yang ada di persemaian antara lain gaharu, ulin, meranti, kapur dll. Kali ini peserta didampingi oleh Mardi Tofani Rengku, Deny Adi Putra, dan Ulfa Karmila Sari, S.Hut.

Setelah mengunjungi persemaian, peserta diajak untuk melihat penangkaran rusa sambar yang terletak di belakang aula Balitek KSDA dan didampingi oleh drh. Amir Ma’ruf, M.Hum.
Setelah itu siswa-siswi menikmati makan siang di aula Balitek KSDA sembari menyaksikan film konservasi tentang Bekantan di Kalimantan.

8Setelah istirahat siang, siswa-siswi diajak untuk melihat koleksi herbarium di Herbarium Wanariset yang merupakan penutup rangkaian kegiatan kunjungan pendidikan SDIT AL-AULIA 2 Balikpapan. Sambil mendengarkan penjelasan dari tim pemateri herbarium Mira Kumalaningsih, Priyono, Nanda Farhazakia dan Dwi Wahyu Mentari terlihat siswa-siswi bertanya tentang jenis-jenis tanaman yang ada, tempat mengambil koleksi, jumlah koleksi dan cara pembuatannya.

Semoga kunjungan pendidikan ini dapat memotivasi anak-anak untuk lebih mencintai hutan dan keanekaragaman hayati Indonesia.***ADS

Share Button

Gubernur Kaltim Mengapresiasi Foto Keindahan KHDTK Samboja

Keindahan hutan KHDTK Samboja yang terbingkai elok mendapatkan apresiasi positif dari Gubernur Kalimantan Timur Dr. H. Awang Faroek Ishak pada acara Sosialisasi dan Ekspose tentang Pohon Jabon, Daerah Aliran Sungai (DAS) serta Rapat Koordinasi (RAKORDA) Kelitbangan Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2016 dan Arahan Bapak Gubernur Kepada Peneliti Se-Kalimantan Timur di Lamin Etam, Samarinda (2/11/2016).1

Foto dengan judul “Heavenly Morning in KHDTK Samboja” merupakan foto yang diabadikan Agustina DS di Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Hutan Penelitian Samboja di Km. 9. Foto tersebut diserahkan kepada Gubernur Kalimantan Timur oleh Kepala Balitek KSDA, Ahmad Gadang Pamungkas, S.Hut, M.Si dalam awal rangkaian acara tersebut untuk lebih mengenalkan keindahan hutan yang dikelola Balitek KSDA.

Sebelumnya, foto tersebut merupakan foto pesanan Awang pada saat pertemuan terdahulu di Kantor Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda (11/10/2016).

6“Saya sangat senang melihat foto lanscape hutan ini. Hal seperti ini tentu saja dapat menjadi sesuatu yang bisa kita tunjukkan kepada dunia luar selain sisi lain Kalimantan Timur yang memiliki bekas tambang batubara banyak menganga”, kata Awang saat itu.  Awang berharap bisa menunjukkan kepada tamu yang datang ke kantor provinsi tentang  keindahan hutan yang masih tersisa di Kalimantan Timur ini.

Keindahan bentang alam KHDTK Samboja terangkai indah dengan sebuah puisi yang juga disajikan bersama foto tersebut:

Satu rekaman keindahan panorama sudut KHDTK Samboja,

kala semburat mentari mulai menyambangi pucuk-pucuk meranti,

dan bulir-bulir embun masih anggun menggantung di daun-daun.

 

Di sana, di sela hamparan kabut menyelimut lembah dan gemunung,

bala satwa terjaga, seketika riuh, semakin gaduh, bersahutan mensyukuri datangnya hari baru.

 

Dan bangsa burung pun lantang memekikkan pesan sepanjang zaman,

“Hai, manusia! Jaga! Jagalah zamrud kita! Jaga! Jagalah amanah sebagai khalifah!”

(Topik & Eka)

 

Terdengar tepuk tangan yang sangat meriah dari tamu undangan mengiringi penyerahan foto tersebut. ***ADS

Share Button