Melalui Pelatihan Lapang Rehabilitasi dan Restorasi Hutan, Balitek KSDA Diseminasikan Hasil Penelitian

Pelatihan_lapang_2014Balai Penelitian Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA) Samboja bekerjasama dengan ELTI (Environmental Leadership and Training Initiative) Yale NUS College dan Tropenbos Indonesia mendiseminasikan hasil penelitiannya melalui Pelatihan Lapang “Rehabilitasi dan Restorasi Hutan: Prinsip, Metoda dan Strategi”, 24-28 Maret 2014.

Pada pelatihan yang dihadiri oleh Direktur Program ELTI untuk wilayah Asia Dr. David Neidl, Direktur INHUTANI I, Kepala BDK Samarinda, Kepala Pusat Hutan Tropis Universitas Mulawarman dan wakil General Manager PT Singlurus Pratama ini ditekankan pentingnya upaya reklamasi bekas tambang terutama tambang batubara skala kecil.

Pelatihan yang dibuka Dr. Putera Parthama, M.Sc, Plt. Kepala Badan Litbang Kementerian Kehutanan dilaksanakan di Samboja, meliputi Herbarium Wanariset, Persemaian, KHTDK Balitek KSDA, Bukit Bengkirai dan demplot penelitian reklamasi bekas tambang di PT. Singlurus Pratama.

Dalam sambutannya, Kepala Badan mendorong Balitek KSDA agar terus berinovasi dan memberikan kontribusi untuk mewujudkan misi besar Badan Litbang Kementerian Kehutanan. Inovasi pengembangan konsep “reklamasi bersinergi dengan alam” yang sedang dikembangkan terkait kegiatan rehabilitasi dan restorasi di lahan bekas tambang batubara.

“Kegiatan ini menjadi salah satu terobosan dan metode yang handal dalam mereklamasi lahan bekas tambang batubara,” kata Putera di depan sekitar 25 orang peserta yang mewakili berbagai institusi, baik kalangan pemerintah, Badan Usaha Milik Negara, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat maupun swasta pelaku tambang.

“Selain itu, keluaran dari hasil penelitian dalam pengembangan konsep ini ke depan tidak hanya efektif dan efisien, namun juga nantinya tidak hanya dapat diterapkan di wilayah Kalimantan saja, tetapi juga dapat diaplikasikan secara nasional,” tambah Putera.

Pelatihan ini menarik dan penting karena memadukan dengan sangat baik antara substansi ilmiah hasil penelitian dengan pengalaman praktis dari lapang. Oleh karena itu, Kepala Badan berharap agar peserta pelatihan nantinya mampu menjadi agen-agen perubahan yang mampu memberikan kontribusinya dalam pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan, khususnya dalam memulihkan sebuah ekosistem yang terdegradasi.

Peserta juga diharapkan mampu meningkatkan pemahamannya tentang pentingnya nilai ekosistem hutan, mengenal ilmu botani dasar dan ekologi hutan sebagai landasan pengetahuan dalam mendukung keberhasilan sebuah kegiatan rehabilitasi dan restorasi.

Selain itu, peserta juga dapat mengenal dan memahami prinsip-prinsip, metode dan strategi kegiatan rehabilitasi dan restorasi hutan dalam konteks tujuan pengelolaan, kondisi ekologis dan sosial yang berbeda, mampu sebagai perencana, pelaksana dan evaluator di dalam sebuah kegiatan rehabilitasi dan restorasi. Yang terpenting lagi, setelah pelatihan ini diharapkan para peserta akan menerapkan dan mengembangkan apa-apa yang sudah diterima selama pelatihan lapang ini.

Pada kesempatan ini, Kepala Balitek KSDA, Nur Sumedi menyampaikan bahwa Balitek KSDA bekerjasama dengan Universitas Mulawarman, Samarinda berencana menyempurnakan Permenhut terkait reklamasi, khususnya dalam memasukkan keanekaragaman hayati (flora dan fauna) dalam kriteria penilaian keberhasilan reklamasi hutan.

Berdasarkan Permenhut Nomor P.60/Menhut-II/2009 tentang Pedoman Penilaian Keberhasilan Reklamasi Hutan, saat ini kriteria penilaian keberhasilan masih mengacu pada 3 aspek, yaitu aspek penataan lahan, aspek erosi dan sedimentasi serta aspek revegetasi dan penanaman pohon. Sementara aspek yang juga sangat penting terkait keanekaragaman hayati masih belum tercakup dalam aturan ini, sehingga ke depan hal ini menjadi sebuah gap yang harus segera disempurnakan, tidak hanya oleh Balitek KSDA dan Universitas Mulawarman saja, namun juga para praktisi yang bekerja dan konsen dalam kegiatan konservasi sumber daya hutan di Indonesia. (NS)***

sumber : klik di sini

Share Button

Multi Manfaat Ulin

zPoster Ulin

Share Button

Pasak Bumi

Pasak Bumi

Share Button

Manfaat Akar Kuning

poster Manfaat Akar Kuning

Share Button

Peningkatan Kapasitas Penilaian Sumberdaya Hutan Mendukung Realisasi PDB/PDRB Lestari Sektor Kehutanan

Selama tahun 1999-2010, data BPS menunjukkan kontribusi sub sektor kehutanan terhadap PDB rata-rata per tahun adalah 0.94% atas dasar harga yang berlaku atau 1.01 % menurut harga konstan tahun 2000. Kecenderungan mengecilnya kontribusi sub sektor kehutanan ini disebabkan karena kebijakan penilaian sumberdaya sumberdaya hutan selama ini hanya menilai sisi tangible dan bersifat potensial saja (Kayu, produk kayu, rotan, getah), sementara ada nilai guna tak langsung dari hutan dalam mengurangi kerugian lingkungan yang tidak diperhitungkan, meskipun sudah ada payung hukumnya yaitu Permen KLH No. 15 tahun 2012 tentang Panduan Valuasi Ekonomi Ekosistem Hutan; Permenhut No. P 58/MENHUT-II/2005 tentang penyusunan PDRB-Hijau sektor Kehutanan sebagai kegiatan pokok penyusunan rencana kehutanan, dan Peraturan Presiden No.7 tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2000-2009, dimana konsep PDRB-Hijau sudah eksplisit dijelaskan. Persoalan yang mendasar adalah, setelah dipahami bahwa kontribusi kehutanan yang selama ini digunakan adalah tidak tepat (memerlukan koreksi mendasar untuk justifikasi) tetapi sampai saat ini (masih) belum diimplementasikan secara konkrit, baik dalam scope regional, maupun nasional.

Hal tersebut mengemuka dalam workshop nasional Penguatan Kapasitas, Kemampuan dan Penguasaan Iptek dalam Penilaian Sumberdaya Hutan di Jakarta (11-12/3). Hadir sebagai pembicara adalah Prof. Thomas Djamaluddin, Kepala LAPAN; Dr. Basah Hernowo Direktur Kehutanan dan Sumberdaya Air; Prof. Nengah Surati Jaya, Fahutan IPB; Dr. Haruni Krisnawati, Badan Litbang Kehutanan; Prof. Yanto Santosa, Fahutan IPB, dan James L Hutagaol dari Dinas Kehutanan Propinsi Sulawesi Utara.

Valuasi ekonomi sumberdaya hutan dapat memberikan strategi yang tepat (dari kajian akademik) untuk menentukan nilai dari dua sisi kepentingan yang berlawanan yaitu : (1) aspek konservasi, yang penentuan nilainya adalah dengan metoda pendekatan/proxi, dan (2) eksploitasi yang nilainya riil, kata Wahyu Andayani, Guru Besar Ekonomi Sumberdaya Hutan Fakultas Kehutanan UGM.

Mengutip (Hicks, 1946) Wahyu Andayani memaparkan kebijakan fiskal yang disusun secara periodik wajib memasukkan (memperhitungkan) biaya deplesi dan degradasi sumberdaya hutan/SDH (keduanya disebut sebagai depresiasi) dalam perhitungan neraca sumberdaya hutan nasional. Sebagai konsekuensinya adalah metoda konvensional yang saat ini digunakan untuk menemukan pendapatan nasional (PDB, dan PDRB-Coklat) harus dikoreksi (direvisi). Sehingga formula pendapatan bersih nasional/Net Domestic Product (sesuai dengan pembangunan berkelanjutan/berwawasan lingkungan) adalah merupakan hasil dari pengurangan antara pendapatan kotor/PDB dengan estimasi/proxi depresiasi yaitu menipisnya sumber daya modal yang dihasilkan manusia/man made capital dan modal alam/natural capital

Dalam kesempatan yang sama, Kepala LAPAN menyampaikan kebijakan UU No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan dan Inpres No. 6 Tahun 2012 tentang kewajiban LAPAN dalam menyediakan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi dengan lisensi Pemerintah Indonesia yang memungkinkan Lembaga-lembaga pemerintah termasuk Kementerian Kehutanan untuk mengakses citra satelit resolusi tinggi secara cuma-cuma sehingga penilaian sumberdaya hutan dapat lebih optimal.

“Ciri sumberdaya hutan yang dapat dilihat langsung dan renewable, menyebabkan sumberdaya ini menjadi tumpuan Indonesia dalam pembangunan. Akan tetapi jumlah sumberdaya hutan yang sesungguhnya berapa, ada dimana, dan bagaimana memanfaatkannya masih menjadi pertanyaan besar yang perlu dijawab dengan melakukan Forest Resource Assessment secara benar”, ungkap Basah Hernowo, Direktur Kehutanan dan Konservasi Sumberdaya Air.

Project Manager AFoCO (ASEAN-Korea Forest Cooperation) Regional Component 2, I Wayan S Dharmawan menjelaskan workshop ini merupakan bagian penting untuk mengurai kesenjangan dan mengidentifikasi kebutuhan serta strategi untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan Indonesia dalam penilaian sumberdaya hutan sehingga implementasi PDB/PDRB Lestari sektor kehutanan dapat segera diwujudkan.

Dari workshop ini semua pihak berharap (1) perhitungan PDB/PDRB lestari, depresiasi SDH, koreksi terhadap rentabilitas ekonomi, penilaian jasa lingkungan, dan beberapa output (tangible dan intangible lain seperti keanekaragaman hayati, karbon, sumber daya air, dan tapak (soil) sudah waktunya diimplementasikan sehingga kontribusinya terhadap perekonomian nasional menjadi realistik, wajar, layak, rasional, serta aktual; (2) konsep dan metoda Forest Resource Assessment dapat lebih disederhanakan sehingga mudah dilakukan dilapangan serta menggunakan kombinasi antara proyeksi stock SDH dan inventarisasi berulang untuk mendapatkan stock SDH terkini; dan (3) mencakup seluruh kawasan hutan termasuk hutan di luar kawasan.

Sumber  klik di sini, berita terkait klik di sini

Share Button

Tiga Gelombang Mahasiswa Fakultas Farmasi UNMUL Kuliah Lapang di BALITEK KSDA Samboja

unmul 3Dalam rangka mendekatkan dan meningkatkan pengetahuan di bidang Teknologi dan Etnofarmaka, mahasiswa dan dosen Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman melakukan kuliah lapang di Balitek KSDA Samboja selama tiga hari dari tanggal 18 hingga 20 Maret 2014. Peserta kuliah adalah mahasiswa dengan jumlah 190 orang didampingi oleh empat orang dosen pengampu yakni Nur Mita, S.Si,MSi., Riski Sulistarini, S.Farm., M.Si, Risna Agustina, S.Farm,M.Si., Wisnu Cahyo Prabowo, S.Farm., MSi.

Dalam kesempatan itu tim dari Fakultas Farmasi menyampaikan bahwa Program Keahlian Biosistematik dan Etnofarmaka untuk S1 dan Teknologi Bahan Alam untuk D3 akan melakukan kuliah lapang minimal 1 kali dalam satu tahun. Program ini dianggap penting untuk membekali siswa agar memiliki pengalaman nyata di lapang.

Ketua Unit Pelaksana Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman Dr. Laode Rijai, M.Si mengharapkan Balitek KSDA memberikan pembekalan terutama berkaitan dengan teknologi bahan alam hayati. Disamping itu juga diharapkan ikut memotivasi agar memilki kemampuan dan kemandirian dalam dunia kerja nantinya.

Kepala Balitek KSDA, Dr. Nur Sumedi menerima dengan baik adanya kuliah lapang dari perguruan tinggi di kantornya. Dalam sambutan penerimaan, lebih jauh dia berharap agar potensi keanekaragaman hayati, terutama yang berkhasiat obat yang di miliki Indonesia, dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin, sehingga bisa menjadi salah satu daya saing dan keunggulan bangsa. Pengkajian tanaman obat dengan berbasis etnobotani dan kearifan tradisional adalah salah satu langkah “shortcut” untuk mendapatkan potensi tanaman yang berkhasiat obat.

Kuliah Lapang dilaksanakan melalui tiga gelombang, masing-masing sekitar 60 mahasiswa dengan didampingi dosen pengampu. Pelaksanaan kuliah lapang dimulai dari pengantar dan pengarahan di Aula Balai, kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke Herbarium Wanariset. Pembekalan kuliah lapang di Aula diberikan oleh Tri Atmoko,S.hut., MSc dan Noorcahyati, S.Hut., peneliti dari Balitek KSDA. Kemudian mendapat penjelasan tentang seluk beluk herbarium baik menyangkut koleksi dan pengelolaan spesimen oleh petugas herbarium, Zaenal Arifin. Kunjungan selanjutnya adalah ke KHDTK Balitek KSDA, terutama “Plot Tumbuhan Obat dari Hutan” dan trek “Rintis Wartono Kadri” serta beberapa plot penelitian lainnya. (NS)***

sumber : klik di sini

Share Button