Subspesies baru kukang dari Kalimantan

Pemimpin penelitian Rachel Munds, memaparkan dalam jurnal American Journal of Primatology.

Nycticebus kayan adalah spesies baru yang belum dikenali. Ditemukan di tengah-timur dataran tinggi Kalimantan. Namanya diambil dari sungai setempat, Kayan, Kalimantan Timur.

Nycticebus bancanus ditemukan di bagian barat daya Kalimantan dan memiliki kekhasan warna bulu.

Nycticebus borneanus hidup di bagian tengah selatan Kalimantan dengan wajah gelap dan kontras.

Dari penelitian tersebut memberikan informasi bahwa potensi SDA masih banyak yang belum tergali dan diselamatkan. hal ini dikarenakan di sisi lain kukang termasuk binatang yang dilindungi, disisi lain telah masuk juga dalam perdagangan di pasar Jatinegara, Jakarta Timur.  Pada hari kerja, dijual 10 – 20 ekor kukang. Sementara pada akhir pekan, jumlahnya meningkat, antara 30 – 40 ekor.

 

Sumber : silahkan baca disini

Share Button

Teknik Pemulihan Hutan di Indonesia

Pengelolaan hutan di Indonesia telah menggunakan beberapa teknik tata kelola hutan, Melalui Teknik Silin, produktivitas kayu naik menjadi delapan hingga sepuluh kali lipat dan jangka waktu masa panen lebih cepat.

Menurut Menhut “Teknik silin ini memang bagus sekali, produktivitas meningkat delapan hingga sepuluh kali dari pada hutan alam. Jika menebang hutan alam 1.000 hektare, dengan teknik ini cukup 100 hektare saja dengan hasil yang sama”.

sumber berita : disini

 

Share Button