Peraturan Menteri Kehutanan terkait dengan Konservasi Flora & Fauna

Pada bulan oktober ini Kementerian Kehutanan mengeluarkan peraturan terkait dengan Konservasi antara lain :

Share Button

Sapi Qurban Pegawai Balitek KSDA

Selamat Hari Raya Idul Adha…

Pada hari raya ini pegawai Balitek KSDA melaksanakan qurban dengan 2 ekor sapi, yang dilaksanakan di UUCD. pembagian daging kurban diberikan kepada 4 (empat) RT yang berada disekitar lokasi perkantoran dari Balitek KSDA.

Dari 2 (dua) ekor sapi tersebut dibagikan kepada masyarakat dalam 4 RT tersebut berjumlah ± 235 kantong.  Semoga melalui ibadah kurban yang dilaksanakan dapat meningkatkan nilai-nilai kebaikan bagi yang melaksanakan dan masyarakat disekitar kantor Balitek KSDA.

Share Button

Manfaat rambut gajah.

Kita tahu bahwa gajah memiliki rambut, meskipun tidak banyak.  Studi terbaru mengungkapkan mengenai rambut gajah ini yang memiliki fungsi selain mempertahankan  panas tubuh, dan pada studi tersebut mengungkap fungsi lain yakni membantu mendinginkan tubuh. Pendinginan lebih efektif dengan adanya rambut tipis daripada tanpa rambut sama sekali.

Studi ini dilaksanakan oleh Conor L. Myhrvold dari Departemen Teknik Sipil dan Perencanaan di Princeton University dan rekannya, mempelajari mengapa jagah memiliki rambut tipis di kulitnya. Publikasi dari studi tersebut terdapat di jurnal PLoS ONE, yang merupakan open akses jurnal.

sumber berita : kompas

Share Button

Primata Indonesia masuk dalam “The World’s 25 Most Endangered Primates: 2012–2014”

Primata adalah mamalia yang menjadi anggota ordo biologi Primates.  Dalam ordo primata  ini antara lain lemur, tarsius, monyet, dan kera.  Istilah primata berasal dari kata bahasa Latin primates yang berarti “yang pertama, terbaik, mulia”.  Ilmu yang mempelajari primata dinamakan primatologi.

Beberapa organisasi konservasi primata Internasional menerbitkan “The World’s 25 Most Endangered Primates: 2012–2014”.  Organisasi tersebut antara lain IUCN/SSC Primate Specialist Group (PSG), International Primatological Society (IPS), Conservation International (CI), Bristol Conservation and Science Foundation (BCSF).

Dalam buku tersebut terdapat 3 primata asal Indonesia yang terancam punah yakni Tarsius pumilus (Pygmy tarsier) Sulawesi; Nycticebus javanicus (Javan slow loris) Jawa; Nasalis concolor (Pig-tailed langur) Kepulauan Mentawai.  Untuk informasi lebih lengkap silahkan download buku tersebut.

Silahkan download buku tersebut di sini

Share Button

Tahun ini Kementerian Kehutanan, naik peringkat dalam 10 Badan Publik terbaik

Pengumuman peringkat 10 Badan Publik Pusat Terbaik dan 10 Badan Publik tingkat Propinsi disampaikan oleh Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Abdul Rahman Ma’mun di Istana Wakil Presiden RI Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat(28/09) dalam rangka hari Hak untuk Tahu Internasional (International Right to Know Day) yang diperingati setiap 28 September sebagai upaya mempromosikan hak-hak masyarakat untuk mengetahui informasi dari badan-badan publik. Pemeringkatan 10 Badan Publik Pusat Terbaik yang dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP).

Ke sepuluh peringkat Badan Publik terbaik tersebut adalah :

  • Kementerian Perindustrian, 
  • Kementerian Sekretaris Negara, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional
  • Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN)
  • Badan Pemeriksa Keuangan
  • Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Kementerian Koordiantor Perekonomian
  • Kementerian Kehutanan
  • Mahkamah Konstitusi RI
  • Kementerian Komunikasi dan Informasi
  • Kementerian Kesehatan
  • Kementerian Keuangan dan Pekerjaan Umum

Informasi selengkapnya dapat dibaca di sini

Share Button

Majalah Swara Samboja Kedua telah terbit!

Setelah mengeluarkan edisi perdana majalah suara konservasi, kini Balitek KSDA menyusulkan majalah kedua yang mengupas tentang orang utan, dan herbarium wanariset samboja.  Profil Kepala Badan Litbang Kehutanan juga dapat dibaca pada edisi ini.  Ebook majalah swara samboja dapat langsung di download di sini

Share Button